Di Kota Ini Ide Kemerdekaan RI Pertama Kali Muncul

Di Kota Ini Ide Kemerdekaan RI Pertama Kali Muncul

Di kalangan masyarakat Vietnam, Dalat dikenal sebagai tujuan populer bagi para pengantin baru untuk berbulan madu. Foto: Ana Fauziyah/ Liputan6.com.

BATAMNEWS.CO.ID, Vietnam - Dalat, kota kecil yang terletak di dataran tinggi Provinsi Lam Dong Vietnam. Kota ini memiliki peranan dalam sejarah berdirinya negara Indonesia. Di kota inilah rencana kemerdekaan Indonesia pertama kali dibicarakan.

Tercatat pada tanggal 9 Agustus 1945, Marsekal Terauchi, panglima besar tentara Jepang di Asia Tenggara memanggil Sukarno dan Mohammad Hatta yang merupakan pimpinan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) ke markasnya di Dalat untuk membahas rencana kemerdekaan Indonesia.

Di kalangan masyarakat Vietnam, Dalat dikenal sebagai tujuan populer bagi para pengantin baru untuk berbulan madu. Tak heran karena Dalat memiliki iklim sejuk dengan pemandangan khas dataran tinggi, ditambah lagi pemandangan yang ditawarkan kota ini benar-benar cantik.

Uniknya, arsitektur bangunan dan rumah di Dalat sangat khas Prancis. Banyak bangunan dan rumah di kota ini memang telah didirikan sejak era kolonialisme Prancis di Vietnam pada tahun 1890-an.

Pada saat itu, Dalat ternyata sudah dijadikan sebagai kota peristirahatan bagi warga Prancis di Vietnam. Kota ini bisa diibaratkan wilayah Puncak bagi masyarakat Jakarta.

Di pusat Kota Dalat terdapat danau Xuan Huong yang membentang luas sehingga membentuk lanskap kota. Dengan latar gunung di kejauhan dan taman-taman penuh bunga di sekelilingnya, danau ini menjadi daya tarik pertama di Kota Dalat.

Di salah satu sisi danau Xuan Huong, berdiri sebuah bangunan modern dengan arsitektur unik bernama Big C yaitu pusat perbelanjaan yang berisi restoran dan toko cenderamata. Big C sendiri dianggap sebagai ikon Dalat. Setiap harinya pelataran Big C yang luas selalu dipenuhi oleh warga untuk sekedar bercengkerama atau berolahraga, juga dibanjiri turis yang ingin menikmati danau Xuon Huong.

Tak jauh dari danau tersebut, terdapat taman bunga terbesar di kota Dalat. Di taman ini, Anda bisa menikmati hamparan bunga aneka warna mulai dari bunga mawar, krisan, hydrangea, dan banyak bunga-bunga warna-warni lainnya.

Taman ini benar-benar memanjakan mata Anda. Indahnya bunga-bunga juga bisa Anda saksikan di sepanjang jalan di kota kecil ini. Trotoar jalannya dihiasi bunga-bunga yang terawat membuat Anda betah menyusuri dan menikmati tiap jengkalnya. Tak salah jika Dalat dijuluki sebagai kota bunga.

Selain Danau Xuon Huong, Big C, dan taman bunga, Dalat juga banyak memiliki destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan seperti Valley of Love, Cao Dai Summer Palace, Crazy House, Kuil Truc Lam, dan lain sebagainya. Anda pun bisa mengunjungi kebun buah stroberi dan melakukan wisata petik stroberi.

Sebagai kota tujuan wisata, Dalat bisa dibilang memiliki semuanya, pemandangan alam yang indah, iklim sejuk, lingkungan penuh bunga, arsitektur bangunan khas, dan tempat-tempat wisata menarik.

Suasana Dalat memang mampu membangkitkan nuansa romantisme sehingga sangat cocok dijadikan tempat bagi para pengantin baru berbulan madu.***

Baca artikel menarik lainnya di Liputan6.com

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews