Museum di Lingga Simpan 3 Kerangka Gajah Mina

Museum di Lingga Simpan 3 Kerangka Gajah Mina

Kerangka Gajah mina di Museum linggam cahaya (foto : Ruzi/Batamnews))

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Museum Linggam Cahaya di Daik, Kabupaten Lingga menyimpan tiga kerangka tulang Gajah Mina. Kerangka tersebut menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang berkunjung di museum satu-satunya di Lingga tersebut.

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman di Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga, Faridah mengatakan, kerangka Gajah Mina yang pertama kali ada di Museum Linggam Cahaya ditemukan oleh warga di Pantai Dungun tahun 2005 lalu.

Setelah dilakukan pengeringan, kata Faridah, pada tahun 2006 kerangka tersebut dibawa ke Museum Mini Linggam Cahaya yang masih sangat kecil dan merupakan bangunan rumah panggung yang berada di Kompleks Istana Damnah Daik Lingga.

Namun, ia melanjutkan setelah bangunan permanen Museum Linggam Cahaya selesai dibangun, tepat pada akhir tahun 2014 kerangka Gajah Mina tersebut dipindah ke museum baru yang bangunannya lebih besar.

"Ketika di bangunan lama itu kita hanya meletakkan di lantai saja. Terlebih lagi kondisi ruangan yang sangat sempit. Setelah dipindahkan ke museum baru kita hanya meletakkan di etalase kaca namun belum tersusun. Baru kita geletakkan gitu saja," kata Faridah kepada batamnews.co.id, Selasa (13/06/2017).

Bukan hanya ada satu kerangka Gajah Mina, akan tetapi ia melanjutkan pada tahun 2014 juga ditemukan kembali kerangka Gajah Mina di perairan Desa Penaah Kecamatan Senayang.

"Yang kita temukan di Penaah itu beriringan. Itu ada dua ekor dan ukurannya pun lebih besar dari yang kita temukan di Pantai Dungun. Yang di Penaah itu panjnagnya sekitar 18 meter. Sedangkan yang di Dungun 12,4 meter," kata Faridah.

Akan tetapi, untuk dua kerangka gajah mina yang ditemukan di Desa Penaah, Faridah mengatakan masih disimpan dan belum dipajang di museum tersebut.

"Nantinya jika anggaran APBD kita mendukung, kita juga mengupayakan agar kerangnya ini dapat disusun berdiri," ujarnya.


 

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews