Kisah Paling inspirasional; Tokoh Muslim Selamatkan Puluhan Kristen dalam Gempuran ISIS

Kisah Paling inspirasional; Tokoh Muslim Selamatkan Puluhan Kristen dalam Gempuran ISIS

Kisah Norodin Alonto Lucman, pemuka Muslim yang bantu evakuasi pemeluk Kristen dari Marawi.

BATAMNEWS.CO.ID - Di tengah gelombang pengungsian warga kota Marawi di Filipina selatan yang dikuasai kelompok afiliasi ISIS, Maute, seorang pemuka Muslim, Norodin Alonto Lucman, dipuji karena membantu menyelamatkan dan mengevakuasi puluhan warga Kristen.

Dua minggu telah berlalu sejak kelompok bersenjata mengibarkan bendera kelompok ISIS di Marawi, pemerintah masih belum berhasil meredam kelompok yang ingin membentuk kekhalifahan ini.

Kelompok Maute menghancurkan banyak gedung dan menyandera pastor Katolik di Marawi, kota dengan penduduk Islam terbesar di negara berpenduduk mayoritas Katolik.

Dalam gelombang pengungsian ini, sejumlah warga Muslim melindungi pemeluk Kristen di rumah-rumah mereka dan membantu mereka mengungsi.

 Norodin Alonto Lucman, pemuka Muslim, yang menampung dan melindungi pemeluk Kristen di rumahnya. Kisah yang paling inspirasional, menurut wartawan BBC Jonathan Head yang berkunjung ke Marawi baru-baru ini adalah Norodin Alonto Lucman.

Norodin sempat menyembunyikan lebih dari 70 pemeluk Kristen di rumahnya sebelum membantu mereka menyelamatkan diri akhir pekan lalu (03/06).

Ia mengajarkan mereka berteriak "Allahu akbar" (Tuhan maha besar) saat melalui pos-pos penjagaan.

Beberapa kali mereka ditanya apakah mereka Kristen dan mereka menyanggah sampai mereka tiba di tempat yang aman. ***

Baca lebih lengkap dari link BBC.com/indonesia


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews