Jembatan Layang Simpang Jam Sudah Rampung 68 Persen

Jembatan Layang Simpang Jam Sudah Rampung 68 Persen

Alat berat masih terus menyelesaikan bagian flyover yang sudah tersambung, Selasa (6/6/2017) (Foto: Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pembangunan jembatan layang Simpang Jam, Baloi, Batam, saat ini sudah mencapai 68 persen yang masih terkonsentrasi pada struktur bangunan.

"Flyover juga sudah tersambung hanya menyelesaikan beberapa tahap finishing yang sebenarnya juga masih banyak lagi," Kepala Satker PP, Andre Sahatua Sirait, kepada Batamnews, Jumat (9/6/2017).

Ia mengatakan, untuk pemasangan lampu serta pembuatan taman di sisi jembatan layang akan dikerjakan pada  Oktober 2017 ini. "Mudah-mudahan sudah selesai akhir November nanti, itu harapan kita," kata Andre.

Pengerjaan flyover Simpang Jam memang  memperlihatkan kemajuan. Salah satu sisi flyover tampak sudah tersambung sejak Selasa (6/6/2017). Namun jembatan layang  itu belum bisa dilalui.

Flyover ini memiliki spesifikasi dengan total panjang 460 meter dan lebar 32,2 meter, dilengkapi expantion joint penahan getaran.

Dari panjangnya itu, 300 meter untuk turunan flyover. Kemudian dari pangkal jembatan (abuntment) ke pilar (pier) sepanjang 100 meter dan jarak antara pier kanan dan kiri adalah 60 meter.

Tinggi jembatan 6,8 meter ini ditopang empat pilar. Dua pilar di kanan dan dua pilar di kiri yang masing-masing membentuk huruf V.

Proyek yang menelan anggaran Rp 180 miliar ini ditargetkan rampung pada 17 November 2017.  Jembatan ini diperkirakan akan tahan sampai 100 tahun. *** (ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews