Satgas Pangan Pastikan Harga 3 Komoditi Ini Tetap Stabil

Satgas Pangan Pastikan Harga 3 Komoditi Ini Tetap Stabil

Illustrasi penjual daging di pasar (foto : istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri dan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Batam menyebutkan bahwa harga pokok tiga komoditi di pasar masih stabil. Dan, memastikan harga tetap stabil menjelang Idul Fitri.

Belum lama ini Satgas Pangan Polda Kepri dan KPPU Batam melakukan pengecekan harga pokok tiga komoditi yakni daging, minyak dan gula. Harga tiga komoditi itu masih stabil, dimana harga daging beku berkisar Rp 80.000.

"Saat sidak beberapa hari lalu dilapangan belum ditemukan pelanggaran," ujar Direktur Kriminal Khusus Polda Kepri, Kombes Pol Budi Suryanto kepada wartawan dalam acara forum media dan buka puasa bersama KPPU di lantai 3 Hotel Sahid Batam Centre, Selasa (6/6/2017).

Budi mengatakan, ada kemungkinan harga bisa naik, namun ia berharap media ikut berperan besar untuk ikut mengawasi harga di pasar.

"Informasi dilapangan sangat dibutuhkan dan wartawan juga harus juga menyampaikan ke publik informasi yang benar agar tidak menciptakan isu yang negatif sehingga tidak menimbulkan keresahan dan berikan informasi yang objektif," ujar Budi.

Sementara itu Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) KPD Batam Lukman Sungkar mengatakan, mengingatkan soal aturan yang tertuang di dalam amandemen UU No. 5 tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Kata dia, sangat diperlukan untuk untuk menambah kewenangan KPPU menindak oknum pengusaha yang melakukan praktik monopoli.

“Di usia 17 tahun ini, KPPU masih ada kekurangan yang harus diperbaiki, dimana sebagai contoh kewenangan memanggil pengusaha yang bermasalah untuk penyidikan, dan tidak bersedia datang, disitu kelemahannya karena kita tidak ada upaya paksa seperti penahanan dan lain sebagainya, itu yang kita minta supaya kewenangan kita ditambah,” ujar Lukman Sungkar.***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews