TNI AL Temukan Dua Jenazah Korban Kapal Tenggelam

TNI AL Temukan Dua Jenazah Korban Kapal Tenggelam

Jajaran TNI AL menemukan korban kapal tenggelam (Foto: Istimewa/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Dua dari tiga jenazah korban tenggelamnya kapal pukat trawl udang milik pengusaha Akeng akhirnya ditemukan. Pencarian sudah digelar selama tiga hari pasca tenggelamnya kapal akibat dihantam ombak besar di perairan antara Desa Cempa dan Tanjung Datok Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga.

Dua jenazah korban yang berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan TNI AL Lanal Dabo Singkep dan Tim SAR KN Bhisma Basarnas  pada Sabtu (03/06/2017) tersebut yakni, Jumadi dan Nong.

Kepala Dispen Lantamal IV Mayor Laut Josdy Damopoli menyampaikan, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno dirinya telah mengintruksikan kepada Danlanal Dabo Singkep sejak awal agar melaksanakan perbantuan pencarian korban berkoordinasi dengan Basarnas yang mempunyai otoritas dalam Search and Rescue (SAR).

Setelah dilaksanakan pencarian sejak musibah terjadi Patkamla Patroli Keamanan Laut Cempa Lanal Dabo Singkep bersama tim Basarnas gabungan KN. Bhisma Basarnas melaksanakan pencarian lanjutan dengan menyisir perairan Tanjung Dato terhadap ketiga korban kapal tenggelam.

"Penemuan pertama sesosok jenazah yang mengapung pada posisi 00 00.68'S-104 17.18'T sekitar pukul 10.50 Wib oleh Patkamla Cempa yang diduga salah satu ABK korban laka laut. Selanjutnya jenazah dievakuasi ke KN.Bhisma Basarnas untuk diadakan evakuasi dan identifikasi," kata dia melalui siaran persnya, Minggu (04/06/2017).

Hanya berselang dua jam, tepat pada pukul 12.50 Wib Tim SAR (Patkamla Cempa) kembali menemukan jasad kedua tidak jauh dari lokasi penemuan jasad pertama yang diduga korban laka laut (kapal nelayan tenggelam) pada posisi 00 00.46'U-104 16.81'T.

"Selanjutnya pukul 13.00 Wib jasad korban dievakuasi ke KN. Bhisma Basarnas untuk identifikasi,"  cetusnya.

Dari keterangan Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto identifikasi sementara kedua jenazah berdasarkan ciri-ciri fisik dapat dipastikan bahwa kedua jenazah atas nama Jumadi dan Nong.

"Sampai saat ini Patkamla Cempa bersama Tim SAR gabungan masih terus melaksanakan pencarian lanjutan terhadap 1 korban lagi yang belum ditemukan atas nama Madi dilokasi yang sama," imbuhnya.***

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews