36,5 Juta Perangkat Android Terinfeksi Malware Judy

 36,5 Juta Perangkat Android Terinfeksi Malware Judy

Ilustrasi smartphone. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, London - Perusahaan keamanan Checkpoint mengungkapkan laporan sekitar 36,5 juta perangkat Android terinfeksi malware bernama Judy. Check Point, menemukan beberapa malware Judy yang menginfeksi perangkat Android dengan perangkat lunak ad-click jahat.

Seperti dilansir dari Yourstory diketahui ada 41 aplikasi buatan pengembang asal Korea bernama Kiniwini yang diterbitkan oleh Enistudio Corp. Aplikasi-aplikasi itu usai menginfeksi jutaan perangkat Android dan mendulang keuntungan dari klik palsu dari pada iklan.

Chekcpoint menyebutkan, “Ini ialah penyebaran malware terbesar yang pernah terjadi di Google Play Store.” info teknologi terbaru 2017, Mendapati laporan tersebut, Googel pun langsung menghapus seluruh aplikasi bersangkutan dari Google Play Store.

Meski begitu, malware berbahaya ini rupanya sudah menyebar dan diunduh pengguna antara 4,5 juta kali hingga 18,5 juta kali.

Bahkan, beberapa aplikasi tersebut sudah muncul di Play Store start lama dan beberapa kali mendapatkan pembaruan.

Dari 41 aplikasi yang terungkap, ada malware di dalam game berjudul “Judy” (diambil dari nama malware tersebut).  Android terinfeksi malware Judy ketika mengunduh dan menginstal game ini di ponsel pintar atau tablet, secara otomatis aplikasi tersebut akan mengunduh malware dan datanya dari server non-Google.

Namun ada cara agar terhindar dari virus tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga perangkat Android tetap aman dari malware.

• Periksa ulasan
• Perbaiki sistem Anda
• Gunakan VPN
• Gunakan program antivirus
• Pilih kata sandi yang kuat

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews