Perilaku Terpuji, Umat Muslim Marawi Lindungi Warga Kristen dari Militan Maute

Perilaku Terpuji, Umat Muslim Marawi Lindungi Warga Kristen dari Militan Maute

Pasukan marinir Filipina berpatroli di jalan-jalan yang sunyi akibat ditinggalkan penduduk di kota Marawi yang diserbu kelompok militan Maute.(Foto: TED ALJIBE / AFP via kompas.com )

BATAMNEWS.CO.ID, Marawi  -  Warga Muslim di sebuah di kawasan Marawi, Mindanao, Filipina, menunjukkan perilaku terpuji dalam  bentuk toleransi dan kebersamaan antar-umat manusia.

Diprakarsai pejabat lokal beragama Islam, Salma Jayne Tamano, warga Muslim di desa itu menolong 39 warga Kristen yang terjebak dalam baku tembak antara militan Maute dan tentara. Warga Kristen itu kemudian ditampung di sebuah desa Muslim.

"Ini adalah kisah yang bagus tentang persatuan umat Muslim dan Kristen yang layak dibagikan ke seluruh dunia," ujar Wakil Gubernur Lanao del Sur Mamintal Adiong Jr, Minggu (27/5/2017).

Adiong menambahkan, dia mengucapkan terima kasih kepada warga Muslim yang melindungi 39 warga Kristen itu dari marabahaya yang mengintai.

Kepala kepolisian Lanao del Sur, Senior Superintenden Oscar Nantes mengatakan, ke-39 orang itu selama lebih dari 36 jam bersembunyi tanpa mengonsumsi makana setelah kelompok militan menyerbut Maute kota Marawi.

Nantes mengatakan, tim penyelamat yang dipimpin Tamano juga menyelamatkan dua tetua Muslim yang memberikan perlindungan kepada 39 orang itu di kediaman mereka.

Kini para warga yang kelaparan itu sudah mendapatkan makanan dan tim kesehatan tengah mengevaluasi kesehatan mereka.

Sementara itu, Gubernur Wilayah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM), Mujiv Hataman menyebut anggota kelompok militan Maute telah kehilangan kendali.***

Baca lebih lengkap dari link KOMPAS.com


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews