Hmm.. Sagu Bemban Meranti Ternyata Paling Diminati

Hmm.. Sagu Bemban Meranti Ternyata Paling Diminati

Proses panen sagu Meranti, Riau. (Foto: Tempo)

Meranti - Hasil survey dan identifikasi lapangan oleh tim BPTP Riau bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau, tanaman sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat digolongkan dalam tiga golongan, yaitu tanaman sagu jenis Bemban, Duri dan Sangka. 

Ciri utama tanaman sagu jenis Duri adalah seluruh bagian batang dan pelepah daun dipenuhi duri, ciri lainnya adalah batang sagu berbentuk silinder, tinggi batang saat panen sekitar 10-12 meter, tebal kulit 1-2 cm, diameter bekisar 38-43 cm. 

Daunnya berwarna hijau tua dengan tangkai daun berwarn hijau kekuningan dengan panjang pelepah daun sekitar 6,5 meter, dan tidak berduri. 

Setiap tangkai daun terdiri atas 63-72 pasang daun dengan panjang 150-170 cm dan lebar 7-9 cm. Jenis sagu ini merupakan sagu yang paling banyak tumbuh dan di budidayakan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selain untuk mendapatkan bibitnya yang mudah tanaman ini digemari masyarakat setempat karena dianggap tahan terhadap hama. 

Tanaman sagu jenis Sangka mempunyai ciri sebagian batang dan pelepah daun dipenuhi dengan duri yang tidak terlalu banyak. Ciri lainnya adalah batang sagu berbentuk silinder mirip dengan ciri dari jenis tanaman sagu lainnya. Menurut masyarakat setempat “Sangka” merupakan hasil persilangan antara sagu Bemban dan Sagu Duri.

Tinggi batang saat panen sekitar 10-12 meter, tebal kulit 1-2 cm, diameter bekisar 38-43 cm.  Daunnya berwarna hijau tua dengan tangkai daun berwarn hijau kekuningan dengan panjang  pelepah daun sekitar 6,5 meter, dan tidak berduri.

 Setiap tangkai daun terdiri atas 63-72 pasang daun dengan panjang 150-170 cm dan lebar 7 - 9 cm.

Jenis Bemban merupakan sagu yang paling digemari oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti karena sagu ini memiliki batang yang besar, pati yang lebih banyak dan pemanenan yang lebih mudah.

Mempunyai ciri batang dan pelepahnya tidak berduri. Ciri lainnya adalah batang sagu berbentuk silinder, tinggi batang saat panen sekitar 10-12 meter, tebal kulit 1-2 cm dan diameter bekisar 38-43 cm.

 Daunnya berwarna hijau tua dengan tangkai daun berwarn hijau kekuningan dengan panjang pelepah daun sekitar 6,5 meter dan tidak berduri. Setiap tangkai daun terdiri atas 63-72 pasang daun dengan panjang 150-170 cm dan lebar 7-9 cm. 

Jenis sagu ini jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jenis sagu Duri, karna jenis sagu ini tidak mempunyai duri pada batangnya sehingga paling banyak diserang oleh hama, seperti kera dan babi.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews