Jelang Ramadhan, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Pasar Murah

Jelang Ramadhan, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Pasar Murah

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menjelang Ramadhan 1438 Hijriah, BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya bekerja sama dengan  Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar kegiatan "Pasar Murah" di daerah Kawasan Baloi Kolam, Kelurahan Sei Panas pada, Selasa (23/5/2017).

Kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan ini juga diadakan dibeberapa Kantor Cabang dan dikoordinir oleh masing –masing Kantor Wilayah.

Untuk Wilayah Kanwil Sumbar-Riau yang meliputi Sumatera Barat, Riau dan Kepulaan Riau, pasar murah diadakan di empat kota, dua diantaranya diadakan di Provinsi Kepri yaitu Batam dan Tanjung Pinang, sedangkan sisanya dilaksanakan di Pekanbaru dan Padang.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Achmad Fatoni mengatakan, untuk pasar murah kali ini menyiapkan 800 paket sembako.

Kata Toni, setiap paket berisi beras 5 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kilogram, tepung satu kilogram, susu kental manis satu kaleng serta sarden satu kaleng.

"Dari harga normal paket sembako yang nilainya 150 ribu, masyarakat cukup membayar Rp 75 ribu," kata Achmad Fatoni.

Menurut Toni, kegiatan pasar murah ini dilakukan karena biasanya jelang ramadhan selalu terjadi lonjakan harga. Di Batam, Pemerintah Kota Batam yang mengkoordinir pasar murah termasuk sebaran titik pasar murah yang dilakukan di Batam.

"Makanya perlu ada kegiatan ini, untuk menjaga kestabilan harga," kata Toni.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam, Wan Mohamad Zain mengapresiasi program ini, karena dapat menstabilkan harga di pasar. Kata dia, Pemko Batam akan terus merangkul pihak manapun yang akan menggelar pasar murah atau bazar murah.

"Yang jelas kita akan kita rangkul semua pasar murah selama bulan puasa ini, guna menjaga stabilnya harga. Kita juga sidak di lapangan (pasar)," ujarnya.

Selain pasar murah, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi tentang penting dan manfaatnya BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).  Selain itu ada juga Jaminan Pensiun (JP).

Kabid Pemasaran BPU BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Rini Suryani mengatakan, bagi BPJS Ketenagakerjaan sendiri tentunya ini merupakan momentum yang tepat untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat agar lebih dikenal akan kemanfaatan program kami.

“Masyarakat mendapatkan perlindungan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), masyarakat cukup membayar iurannya sebesar Rp 16.800 saja, adapun kemanfaatan jika terjadi kecelakaan kerja salah satunya adalah pengobatan dan perawatan sampai sembuh serta jika terjadi kematian ahli waris mendapatkan santunan 24 juta,” kata dia.

Salah seorang  warga, Baharudin mengaku sangat senang dengan pasar murah tersebut, selain bisa mendapatkan sembako dengan harga murah , ia juga paham tentang betapa pentingnya perlindungan bagi pekerja seperti dirinya yang sehari - hari berprofesi sebagai kuli panggul.

Ia juga berharap pasar yang serupa terus ada sehingga mampu membantu warga yang secara ekonomi tak mampu. "Senang, kami jadi terbantu apalagi bentar lagi kan mau puasa, Maunya memang sering ada kegiatan pasar murah kayak gini mas” ujarnya.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews