Calon Murid SD di Bawah 7 Tahun Terancam Tak Sekolah

Calon Murid SD di Bawah 7 Tahun Terancam Tak Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Nasib calon siswa sekolah dasar (SD) di bawah usia 7 tahun terancam tak bisa bersekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin menyarankan para orangtua mengurungkan niat mendaftarkan anaknya yang belum cukup umur tersebut.

Muslim menuturkan, daya tampung Sekolah Dasar Negeri hanya dapat menampung sekitar 11.000 anak, hal tersebut menyebabkan anak yang berusia dibawah 7 tahun sebaiknya tidak mendaftarkan diri. 

"Karena daya tampung tidak memadai lagi jadi kalau masih dibawah 7 tahun, mendaftarnya tahun depan saja," ujar Muslim di Batam center, Selasa (23/5/2017).

Muslim mengatakan saat ini ada 15 ribu anak usia sekolah antara 6,5 tahun hingga 7 tahun di Batam. 

Jumlah tersebut jauh lebih besar dibanding Rencana Daya Tampung (RDT) SD Negeri di Batam yang hanya 10.944 siswa.

Setiap kecamatan RDT berbeda, untuk daya tampung SDN di Kecamatan Bengkong mampu menampung 1.512 siswa, Nongsa 972 siswa, Sagulung 2736 siswa. 

Sementara Kecamatan Sei Beduk mampu menampung 972 siswa, Batu Aji 1008 siswa, Lubuk baja 864 siswa, Sekupang 1512 siswa, Batam kota 1332 siswa dan Batubampar 504 siswa.

Jumlah RDT itu didapat setelah masing-masing sekolah menambah rasio per kelas dari 28 siswa menjadi 30 siswa. Sejumlah sekolah juga menerapkan sistem double shift, agar mampu menerima siswa lebih banyak.

“Kalau tidak dilakukan double shift, maka lebih parah lagi," jelasnya.

Muslim optimis jika calon siswa yang berusia 7 tahun keatas, maka daya tampung siswa memadai.

 “Saya yakin kalau yang masuk sekolah itu umur 7 tahun semua, akan tertampung semua,” tambah dia.

Saat ini Muslim mengatakan peran sekolah swasta memberikan pendidikan terjangkau belum dirasakan cukup signifikan, berbagai dana sudah diberikan untuk insentif guru swasta dibantu 1 juta perbulan, penyaluran dana BOS dan pembangunan sejumlah RKB.

"Belum terasa dampaknya, padahal sudah kita berikan bantuan, seharusnya bisa bersinergi, tapi ada beberapa sekolah swasta yang memberikan dampak tapi tidak semua," kata dia.***

(ret)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews