Surplus Daya 6 Megawatt, PLN Jamin Tidak Ada Pemadaman di Karimun

Surplus Daya 6 Megawatt, PLN Jamin Tidak Ada Pemadaman di Karimun

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Selama bulan puasa atau bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah ini, PT (Persero) PLN Ranting Tanjungbalai Karimun menjamin tidak ada pemadaman secara bergiliran.

Saat ini kebutuhan daya listrik yang dipasok dari dua pembangkit PLTU Tanjungsebatak dan PLTD Bukit Carok sudah mengalami surplus daya listrik 6 Megawatt saat beban puncak.

Ditambah dengan mesin cadangan ada 4 unit, yang kapan-kapan dapat dioperasikan ketika terjadi gangguan mesin PLTD nantinya.

''Insya Allah, nanti selama bulan suci Ramadan tidak ada pemadaman bergilir. Tapi, tetap saja saya imbau kepada masyarakat agar menggunakan listrik secara bijak,'' kata Kepala PT PLN Ranting Tanjungbalai Karimun Fauzar Zain, Sabtu (20/5/2017) lalu.

Kata Fauzar, jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan over houl atau perbaikan mesin di PLTD Bukit Carok, yang saat ini ketika beban puncak pada sore hari mencapai 25,8 Megawatt dan daya yang dapat di hasilkan mencapai 31,8 Megawatt.

Selain itu, kata dia, terus dilakukan pemeliharaan jaringan secara berkala, dengan melakukan pemotongan pohon yang melintasi kabel jaringan dibeberapa titik.

''Kalau PLTD ada 27 unit mesin dengan daya 25 Megawatt termasuk 4 unit yang standby dengan dibantu PLTU unit 2 yang menghasilkan 6,8 Megawatt. Ini berarti daya listrik kita mencukupi untuk mensuplay daya listrik ke pelanggan,'' kata dia.

Namun demikian, apabila terjadi gangguan alam disaat bulan suci Ramadan secara otomatis dilakukan pemadaman sementara. Sebab, tidak dapat dihindari kalau gangguan alam. Dan pihaknya, akan melakukan perbaikan secepat mungkin agar segera kembali normal.

''Dan saat ini kita juga sedang membangun Power House (PH) untuk 17 unit mesin baru yang akan datang. Dengan menghasilkan daya 17 Megawatt yang sekarang jumlah pelanggan PLN mencapai 39 ribu,'' kata Fauzar lagi.***

(yon)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews