Mendikbud Muhadjir: Sekolah 8 Jam Sehari Mulai Tahun Ajaran Baru

 Mendikbud Muhadjir: Sekolah 8 Jam Sehari Mulai Tahun Ajaran Baru

Ilustrasi. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Solo - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan penerapan sekolah delapan jam sehari akan dimulai pada tahun ajaran baru ini.

"Tahun ajaran baru ini akan kami terapkan," katanya di Surakarta. Kebijakan akan berlaku untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas.

Selain itu, proses belajar mengajar hanya akan dilakukan pada Senin hingga Jumat. "Hanya lima hari," ucap Menteri Muhadjir. Pihaknya memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk libur dua hari dalam sepekan.

Kebijakan itu menurutnya akan berlaku secara nasional, baik untuk sekolah negeri maupun swasta. "Jadi disesuaikan dengan orang tua yang rata-rata juga sudah lima hari kerja," kata dia. Kebijakan itu diharapkan mampu memberikan waktu yang cukup untuk anak bisa berinteraksi dengan orang tuanya.

Hanya saja, dia mengakui bahwa kebijakan itu harus dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan banyak faktor. "Indonesia ini memiliki 220 ribu sekolah dengan 50 juta siswa," katanya. Terdapat beberapa daerah yang diprioritaskan untuk menerapkan kebijakan tersebut.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews