6 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

6 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID - Dalam perkembangan sejarah manusia selalu diliputi dengan tangis dan darah yang disebabkan oleh peperangan, entah perang antar negara, suku maupun agama.

Perang tidak pernah menyelesaikan sebuah masalah dan hanya menimbulkan kesedihan dan penderitaan dari pihak-pihak yang bertikai. Entah didasari dengan tujuan untuk memperluas wilayah ataupun menaklukan pihak lain, sebuah perang tidak pernah meninggalkan hal positif.

Dilansir Kepoan.com, ini 6 perang terbesar dalam sejarah manusia : 

1. Perang Israel - Palestina

 

Terjadi dari tahun 1948 ketika Inggris berusaha merebut sebuah wilayah yang termasuk di dalam Kesultanan Turki Ottoman dan kemudian wilayah tersebut diperuntukan kepada para kaum Yahudi dalam rangka membangun kembali “tanah air” sejak mereka terusir dari wilayah tersebut karena “membangkang” kepada Tuhan sejak ribuan tahun yang lalu.

Negara-negara Timur Tengah yang mayoritas penduduk beragama muslim tentu kurang setuju dengan hal tersebut, dengan spontan mereka langsung mengangkat senjata guna melawan Israel dalam Perang Arab-Israel pada tahun 1948.

Pada akhirnya Israel yang memenangkan perang ini. Perang lalu terjadi kembali pada 1967, yang dikenal dengan Perang Enam Hari. Penyebab dari perang ini dikarenakan negara Arab masih belum rela untuk menerima Israel.

Dan lagi-lagi perang ini kembali dimenangkan Israel. Meski perang terbuka tidak terjadi lagi setelahnya, namun rupanya konflik intensitas rendah masih berlangsung sampai sekarang. Pada tanggal 13 September 1993, Palestina juga Israel sama-sama telah mengakui kedaulatannya masing-masing melalui kesepakatan yang dikenal dengan kesepakatan Oslo.

Namun, bagi Hamas yang tidak menyetujui keputusan tersebut sehingga terus mendapatkan tekanan dari Israel hingga kini. Ratusan ribu nyawa telah melayang akibat konflik ini.

Baca selengkapnya...


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews