7 Prediksi Bill Gates Soal Masa Depan Manusia

7 Prediksi Bill Gates Soal Masa Depan Manusia

Bill Gates (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Pendiri dan mantan CEO Microsoft, Bill Gates kembali mengeluarkan prediksi dan pandangan khusus tentang masa depan. Ia menderetkan prediksi secara spesifik terkait masa depan manusia.

Prediksi Gates kali ini tak hanya membahas teknologi semata. Namun, ia lebih menekankan dampak sosial yang akan manusia peroleh dari kemajuan sains teknologi terbaru seperti yang akan dilaporkan oleh Futurism pada, Sabtu (13/5).

Gates pernah membuat prediksi serupa pada 1999 silam yang ia tuangkan dalam buku berjudul "Business @ the Speed of Thought."

Dalam buku tersebut, Gates dengan akurat menebak sejumlah inovasi yang akan manusia miliki seperti ponsel cerdas, internet of things, media sosial, fintech, dan banyak lagi.

1. Prediksi pertama Gates adalah kemunculan penyakit mematikan yang bisa memakan 33 juta jiwa dalam kurun kurang dari setahun. Gates memperkirakan kejadian itu akan berlangsung 15 tahun nanti.

2. Ramalan Gates berikutnya adalah Afrika akan terbebas dari masalah kekurangan pangan. Ia mendasarkan ramalannya ini pada perkembangan infrastruktur dan penggunaan ponsel yang makin merata di Afrika.

3. Kemudian Gates memperkirakan sistem perbankan elektronik akan menjadi pilihan utama masyarakat yang tak punya rekening. "Pada 2030, dua miliar orang yang tak punya rekening bank hari ini akan menyimpan uang dan melakukan pembayaran dengan ponsel mereka."

4. Tak ada lagi negara miskin pada 2035. Gates yang mengaku menyaksikan begitu banyak perubahan semasa hidupnya percaya donasi adalah investasi terbaik untuk mengentaskan kemiskinan di negara-negara tertinggal.

5. Kemunculan energi terbarukan yang revolusioner. Prediksi Gates pada energi terbarukan bukan pada jenis energi itu sendiri seperti tenaga angin, air, atau penemuan jenis energi terbarukan baru. Sumber ramalan Gates untuk soal ini justru terletak pada pemuda-pemudi yang menurutnya akan menemukan terobosan energi bersih pada 2030 nanti.

6. Robot akan mengambil pekerjaan manusia. Untuk prediksi ini, Gates sebetulnya tidak sendirian. Tokoh inovator seperti Elon Musk sudah melontarkan prediksi serupa. Sehingga untuk menyangkal fenomena itu tidak akan terjadi sangat kecil kemungkinannya.

Namun Gates sudah memiliki solusi terkait potensi masalah ini yaitu dengan menerapkan pajak robot untuk membuka lapangan pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

7. Prediksi terakhir Gates adalah kepunahan penyakit polio. Suami dari Melinda Gates ini memperkirakan polio akan benar-benar musnah dari Bumi pada 2019 nanti.

Baca artikel menarik lainnya di CNNIndonesia.com


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews