Bak Cerita Dongeng, Putri Raja Jebak Pencuri di Keraton Solo

Bak Cerita Dongeng, Putri Raja Jebak Pencuri di Keraton Solo

Ilustrasi. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Solo - Seperti cerita-cerita zaman dahulu. Seorang pencuri yang masuk ke lingkungan istana kepergok oleh putri raja. Sang pencuri ditangkap karena kecerdikan sang putri.

Adalah Joko Margono (59) dan Sarfan (59), warga Kampung Langensari, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo yang ditangkap polisi. Keduanya ditangkap setelah terlibat pencurian di Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo.

Kasus pencurian itu berlangsung Senin (15/5/2017) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Kala itu, Joko Margono masuk ke dalam Keputren. Apesnya, penghuni Keputren, Gusti Putri Rumbai ternyata memasang jebakan berupa tali yang diberi kaleng dan diikatkan ke kursi.

“Tali itu disenggol pelaku yang menimbulkan suara gaduh,” ungkap Petugas Humas Polsek Pasar Kliwon, Solo Aipda Samiun, Senin (15/5/2017) siang.

Gusti Putri Rumbai terbangun dan berteriak maling. Mendapati aksinya kepergok anak Raja Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi, pelaku panik dan lari tunggang langgang. Pihak keraton lalu menghubungi Polsek Pasar Kliwon dan Polresta Solo. “Setelah dilakukan pencarian, pelaku ditemukan bersembunyi di semak semak dalam keraton,” terangnya.

Dia lalu digelandang ke Mapolresta Solo.

Dari pemeriksaan sementara, pelaku mengaku dua hari sebelumnya juga telah mencuri di dalam keraton. Hasil yang didapatkan berupaya patung Loro Blonyo dan dua buah bokor kecil. Dari pengembangan, barang itu telah dijual kepada Sarfan (59) tetangganya sendiri.

Saat ini pelaku dan yang diduga sebagai penadah barang curian masih diperiksa intensif di Mapolresta Solo.

Kasat Reskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi mengatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan guna mencari keterlibatan pelaku lainnya. Sejauh ini,  Polisi belum dapat memastikan apakah barang barang yang dicuri dari keraton termasuk benda cagar budaya atau tidak. “Nanti akan kami tanyakan ke dinas yang membidangi cagar budaya,” tandas Agus Puryadi. Dalam hal ini adalah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Pelaku diduga masuk dengan cara melompati Tembok Langensari di barat Sasono Putro. Lokasi di barat Tembok Langensari merupakan pemukiman warga yang magersari di lingkungan keraton.

(ind)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews