Pemko Kewalahan Atasi Banjir di Batam

Pemko Kewalahan Atasi Banjir di Batam

Banjir yang merendam Mitra Raya (Foto: Istimewa/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Hampir setiap hujan turun di Batam diwarnai dengan banjir. Titik banjir pun semakin banyak. Pemko Batam mengaku masih kesulitan mengatasi banjir itu. Personel dan peralatan dinilai belum memadai.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan, titik banjir di Batam semakin banyak. 

"Waktu awal-awal saya masuk, dulu hanya 26 titik banjir, tapi sekarang sudah 56 titik banjir," ujar Amsakar di gedung DPRD Kota Batam di Batam, Jumat (12/5/2017). 

Menurutnya dari total titik banjir saat ini, jika dibandingkan dengan alat dan sumber daya manusianya, memang tidak cukup.

"Alat hanya 7, kemarin ada satu amphibi yang baru datang ditambah lagi eksavator masih belum bisa menangani banjir, upaya saat ini adalah mendistribusikan alat-alat tersebut yang dirasa rawan banjir, personil kita juga belum memadai," jelasnya. 

Kemudian ia sudah melakukan rapat bersama dengan beberapa kepala dinas terkait dan camat agar nerupaya menangani banjir. 

Penyebab banjir dan tambahnya titik banjir karena beberapa alasan yakni: pemanfaatan lahan relatif tinggi,peningkatan aktivitas cut and fill, proses penegakan hukum terbatas, kesadaran masyarakat tidak cukup baik. 

"Hal itu yang menjadi penyebabnya, maka penanganan banjir tidak bisa final," kata Amsakar. 

Ia melihat kondisi saat ini, curah hujan yang tinggi sangat berpotensi menimbulkan banjir, namun akan segera surut begitu hujan reda. 

"Baru sebentar saja sudah banjir," kata dia.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews