Besok, 500 Pesepeda, 36 Negara Berpacu di "Tour de Barelang 2017"

Besok, 500 Pesepeda, 36 Negara Berpacu di "Tour de Barelang 2017"

Tour de Barelang 2016 (foto : Enjoy Batam)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Besok, Sabtu (13/5/2017) sebanyak 500 pembalap sepeda dari 36 negara ikut berpatisipasi dalam event keenam “Tour de Barelang 2017”. Total jarak yang ditempuh 125 km.

Event tahun ini tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Start dimulai dari Terminal Ferry Batam Center, mulai pukul 07.00 WIB.

Perjalanan yang ditempuh sejauh 75 km mulai dari ujung Jalan Trans Barelang ke ujung hingga jalan habis dan kembali lagi sejauh 60 km ke garis akhir di Jembatan 1 Barelang yang juga dikenal dengan Jembatan Tengku Fisabilillah.

"Sebanyak 500 pembalap sepeda memastikan diri ikut beradu cepat mengayuh sepeda di Tour de Barelang 2017," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Pebrialin, Selasa (2/5/2017) lalu.

"Ferry dari Singapura akan memberangkatkan para peserta ke Batam pada pagi hari melalui Terminal Ferry Harbour Front dan kembali di sore hari setelah balapan ke Singapura sekitar pukul 6-7 sore," ujar Pebrialin.

Setelah tiba di Batam Center, kata Febrialin, peserta akan dibawa menuju ke Barelang dengan dikawal oleh kepolisian dan jalanan yang steril sejauh 12 km. "Di sana peserta akan bersepeda seharian penuh ini. Total jarak yang ditempuh adalah 125 km," katanya.

Terkait rutenya, kata Febrialin, untuk mengawali balapan, peserta akan melewati jembatan 1 Barelang yang merupakan jembatan paling terkenal dari total 6 jembatan yang melintasi pulau-pulau di daerah administrasi Kota Batam.

Setelah melewati Jembatan 1 Barelang, peserta akan melalui pulau-pulau kecil dan Jembatan 2, 3 dan 4 secara berurutan.

"Pulau-pulau yang dilewati peserta adalah Pulau Tonton, Pulau Nipah Pulau Setokok, dan Pulau Rempang. Perjalanan akan berakhir di ujung Pulau Galang Baru," ujarnya.

Kemudian, peserta akan memasuki Pulau Rempang pada KM 32, dimana semua tantangan baru saja dimulai. Selama 25 km ke depan, kata dia, peserta akan ditantang dengan landscape perbukitan yang menguras stamina.

Setelah melintasi beberapa bukit, peserta akan sampai di Jembatan 5 Barelang dan akan disuguhi pemandangan luar biasa dengan hamparan laut biru Laut China Selatan di sisi kanan jembatan, disertai dengan perbukitan yang masih alami.

Setelah sampai di ujung Pulau Galang Baru, pada Km 65, peserta akan kembali menuju Jembatan 1 untuk mencapai garis finish.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews