Pemerintah Bangun Jalan Tol di Batam Sepanjang 25 Kilometer

Pemerintah Bangun Jalan Tol di Batam Sepanjang 25 Kilometer

Ilustrasi--Foto udara pembangunan jalan tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (6/5/2017). (Foto: antaranews.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta  - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengkaji pembangunan jalan tol baru yakni Tol Batu Ampar-Muka Kuning-Hang Nadim, Batam, sepanjang 25 kilometer.

"Kajian kami, nantinya ruas tol tersebut akan ditawarkan sebagai jalan tol prakarsa badan usaha. Ruas tol ini merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam Perpres Nomor 3 Tahun 2016," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pembangunan tol dilakukan untuk meningkatkan kelancaran arus transportasi barang antara kawasan industri Muka Kuning, Pelabuhan Batu Ampar dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Di samping itu, tol bertujuan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di persimpangan akibat lampu merah, sekaligus memisahkan antara kendaraan berat dan ringan demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Trase jalan tol yang digunakan adalah jalan arteri yang sudah ada saat ini yang nantinya akan dilebarkan.

Untuk mempersiapkan jalan arteri Batu Ampar-Batu Besar sebagai jalan non-tol yang berdampingan dengan tol, Kementerian PUPR tengah melebarkan jalan tersebut menjadi tujuh meter.

"Nantinya saat pembangunan jalan tol dilakukan lebar jalan akan menjadi 11,6 meter," katanya.***

Baca artikel lengkapnya di ANTARANEWS.com


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews