Pendidikan di Batam Masih yang Terbaik di Kepri

Pendidikan di Batam Masih yang Terbaik di Kepri

foto : istimewa

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Berdasarkan capaian hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK se-Kepri. Pendidikan di Kota Batam masih menjadi yang terbaik.

"Batam masih yang terbaik," kata Kepala Dinas Provinsi Kepri Arifin Nasir di Batam, Kepri,.com dilansir Antarakepri.com, Senin (8/5/2017).

Arifin menilai, alasan Batam menjadi yang terbaik karena kemudahan akses dan fasilitas yang dimiliki sekolah-sekolah di Batam ketimbang daerah lain di Kepri.

Untuk menguragi kesenjangan pendidikan di Kepri, kata Arifin, Dinas Pendidikan Kepri mengutamakan pengadaan komputer di kabupaten-kabupaten pesisir seperti Natuna, Anambas dan Lingga.

Angka kelulusan SMA dan SMK di Batam mencapai 100 persen, sama seperti Bintan dan Anambas, melampaui beberapa kabupaten kota lain yaitu Tanjungpinang, Karimun, Natuna dan Lingga.

Nilai rata-rata kelulusan SMA di Batam pun mencapai 60,02, terbaik se-Kepri, relatif jauh di atas peringkat kedua terbaik yaitu Kota Tanjungpinang yang hanya 54,59.

Demikian juga rata-rata keluluan SMK Batam mencapai 59,89, unggul dibanding enam kabupaten kota lainnya, di antaranya Kota Tanjungpinang yang mencapai 59,65 dan Kabupaten Bintan hanya 54,73.

Dilihat dari SMA/MA program IPA yang nilai rata-ratanya masuk 10 besar se-Kepri, delapan di antaranya merupakan sekolah di Batam, dan dua lainnya sekolah di Tanjungpinang.

Delapan sekolah Batam itu yaitu SMA Mondial, SMA Maitreyawira, SMA Yos Sudarso, SMAN 1, SMA Global National Plus, MA Unit Sekolah Baru Filial MAN, SMAN 3, dan SMA Global Indo Asia. Dan dua SMA Tanjungpinang yaitu SMA Maitreyawira Tanjungpinang dan SMA Santa Maria.

Begitu pula program IPS SMA/MA, sembilan sekolah Batam masuk 10 besar nilai rata-rata terbaik se-Kepri, dan hanya satu sekolah Karimun yang berhasil masuk rangking.

Sembilan SMA/MA di Batam yaitu Maitreyawira, Yos Sudarso, Mondial, MA Unit Sekolah Baru Filial MAN, SMAN 3, SMA Global Indo Asia, SMAN 1 dan SMA Kallista. Dan satu sekolah Karimun yaitu SMA Maha Bodhi.

Untuk SMK, sembilan sekolah yang masuk 10 besar berasal dari Batam yaitu SMK Maitreyawira, SMK Yehonala, SMK Putra Batam, SMK Penerbangan Angkasa Nasional, SMKN 2, SMKN 1, SMK Batam Business School, SMK Permata Harapan dan SMK Globe National Plus.

Dan satu SMK Tanjungpinang yang mampu menduduki peringkat 9 dari 10 besar se-Kepri yaitu SMKN 1 Tanjungpinang.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews