Benarkah Daya Magis iPad Mulai Hilang?

Benarkah Daya Magis iPad Mulai Hilang?

iPad. Foto: GettyImages

BATAMNEWS.CO.ID - Sejak dilahirkan pada 2010, iPad menjadi perangkat yang sukses mempopulerkan pasar tablet. Dan sejak kelahirannya itu sampai sekitar tahun 2013, penjualannya terus tumbuh meski pesaing tablet Android bermunculan.

Namun belakangan iPad tidak lagi setenar dulu meski masih berstatus penguasa pasar. Penjualannya menurut biro riset IDC makin turun, 'hanya' 8,9 juta unit pada kuartal I 2017. Anjlok dari tahun sebelumnya sebesar 10,2 juta unit.

"Hasil ini menunjukkan kalau Apple juga tidak kebal dari perubahan dinamis di industri dan permintaan konsumen," sebut IDC yang dikutip detikINET dari MacRumors, Senin (8/5/2017).

Penjualan yang merosot tentu berdampak ke pendapatan Apple. Pada laporan keuangan terbarunya, pendapatan dari iPad adalah USD 3,8 miliar dibandingkan USD 4,4 miliar di tahun lalu.

Beberapa faktor menyebabkan penurunan pasar tablet. Terutama karena smartphone dengan beragam bentuk semakin menjadi gadget andalan satu-satunya bagi banyak orang.

iPad generasi pertama diperkenalkan Steve Jobs pada 27 Januari 2010. Perangkat ini lagi-lagi menjadi bukti visi hebat seorang Jobs yang sebelumnya sudah berhasil mendobrak dengan iPod serta iPhone.

"Memang pasar tablet diciptakan pada tahun 2010 dengan peluncuran iPad orisinal, di mana sebelumnya banyak manufaktur lainnya gagal melakukannya," sebut analis IDC Ryan Reith.***

Baca artikel menarik lainnya klik disini


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews