Sejumlah Kejutan GP Spanyol, Pedrosa Tampil Fantastis

Sejumlah Kejutan GP Spanyol, Pedrosa Tampil Fantastis

Dani Pedrosa @motorsport

BATAMNEWS.CO.ID, Jerez - Seri keempat MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (7/5/2017) menyajikan sejumlah kejutan. Mulai kemenangan Dani Pedrosa yang mencatat Grand Prix ke-3.000 hingga performa impresif Jorge Lorenzo.

Selain itu, penampilan mengejutkan lainnya datang dari rookie Johann Zarco yang menggigit dan tanda tanya besar kepada Valentino Rossi.

Jalannya balapan

Start dari pole position, Pedrosa langsung melesat ke depan untuk memimpin balapan. Marquez di posisi kedua, diikuti Andrea Iannone, Cal Crutchlow dan Maverick Vinales. Sedangkan, Rossi terlibat duel awal dengan Zarco untuk posisi keenam.

Lap 2 menjadi ajang unjuk gigi Zarco. Tiga pembalap berhasil disalipnya, di antaranya Vinales, Crutchlow dan Iannone. Dua lap berikutnya, rookie Yamaha Tech 3 itu menyalip Marquez untuk posisi kedua. Tapi pembalap Repsol Honda ini membalasnya pada Lap 6.

Memasuki Lap 11, Pedrosa telah unggul 1,506 detik di depan Marquez. Perhatian pun mulai tertuju kepada Lorenzo yang memangkas jarak dan mendekati Zarco untuk posisi ketiga. Satu lap berikutnya, pembalap Spanyol ini menyalip Zarco.

Menjelang berakhirnya balapan, laju kencang Pedrosa sudah tak terbendung lagi. Marquez sempat mencoba untuk memangkas jarak. Namun, lima kali juara dunia ini akhirnya memilih mengamankan posisi kedua.

Pedrosa akhirnya memenangi MotoGP Spanyol, dan sekaligus memastikan diri sebagai pemenang Grand Prix ke-3.000. Kemenangan di Jerez juga merupakan yang pertama pada musim 2017, kali terakhir podium pertama adalah di Misano 2016.

Dengan posisi kedua ditempati Marquez, maka Lorenzo pun melengkapi kejayaan pembalap Spanyol dengan podium ketiga di Jerez. Tentunya, ini merupakan hasil terbaik bagi Lorenzo sepanjang statusnya sebagai pembalap Ducati.

Zarco melanjutkan performa impresif dengan keberhasilan finis keempat. Ia mengungguli Andrea Dovizioso dan Vinales yang finis keenam. Danilo Petrucci. Jonas Folger finis kesembilan, diikuti oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro.

Penampilan Rossi di Jerez mengundang pertanyaan besar menyusul hasil finis ke-10. Belum diketahui secara detail apa yang terjadi kepada The Doctor.

Sepanjang balapan yang berlangsung 27 lap pun, Rossi tampak kesulitan dan banyak kehilangan posisi, ada apa?

Enam pembalap tercatat tidak finis, yakni Iannone, Crutchlow, Tito Rabat, Jack Miller, Alvaro Bautista dan Pol Espargaro. Miller dan Bautista terlibat insiden di tikungan 1. Usai kecelakaan, Miller juga sempat terlihat mendorong tubuh pembalap Aspar Team itu.

Rossi memang masih memimpin klasemen dengan torehan 62 poin. Namun, ia hanya terpaut dua poin dari Vinales di peringkat kedua.

Sedangkan peringkat ketiga ditempati Marquez dengan 58 poin, Pedrosa naik ke peringkat keempat (52 poin) dan Dovizioso turun di peringkat kelima (21 poin).

Seri kelima MotoGP akan digelar di Sirkuit Le Mans, Perancis pada 21 Mei 2017.***

Baca artikel lengkapnya klik disini

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews