Pekerja Magang di Singapura Bergaji Rp 50 Juta per Bulan?

Pekerja Magang di Singapura Bergaji Rp 50 Juta per Bulan?

Mereka yang baru lulus. (Foto: dok. The Straits Times)

Pekerja magang di bank investasi asing di Singapura dan sovereign wealth fund GIC bisa dapat gaji mencapai $ 3.000 dan $ 5.000 per bulan, jika dikurs dalam rupiah maka gaji mereka hampir mencapai Rp50 juta per bulan.

Angka gai pekerja magang itu diambil dari data yang dikumpulkan oleh situs pekerjaan Glassdoor.

Perusahaan dengan bayaran tertinggi - menurut beberapa laporan dari masing-masing institusi - adalah perusahaan investasi asing Barclays, Macquarie Group dan Goldman Sachs.

Glassdoor mendasarkan peringkatnya pada jumlah gaji yang dilaporkan sendiri yang ditawarkan untuk pekerja magang saat ini atau mereka yang telah menyelesaikan magang dalam satu tahun terakhir.

Namun, data mendalam semacam itu tidak tersedia secara luas, kebanyakan perkiraan gaji pekerja magang ini diambil berdasarkan laporan magang sebelumnya. Untuk bank investasi Australia, Macquarie, misalnya, hanya ada dua laporan.

Ada tujuh laporan intern untuk GIC, menunjukkan rata-rata bulanan sebesar $ 3.600.

Data yang paling andal adalah dari raksasa energi ExxonMobil, dengan 57 pekerja magang dengan gaji rata-rata $ 1.217. Kemudian diikuti perusahaan konsultan Accenture, yang memiliki 51 pekerja magang dengan gaji rata-rata bulanan sebesar $ 1,198.

Menawarkan gaji tinggi kepada magang bisa menjadi tujuan perusahaan, terutama di pasar tenaga kerja yang ketat.

Menurut Erman Tan, 52, presiden Singapore Human Resources Institute, ini bisa menjadi insentif bagi bakat muda untuk kembali ke organisasi setelah menyelesaikan sekolah, atau memberi sinyal bahwa magang tersebut memberikan pekerjaan bernilai tinggi.

"Ini mungkin merupakan bagian dari strategi SDM perusahaan untuk mengirim pesan yang jelas kepada magang bahwa organisasi melihat potensinya."***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews