Jumlah Pengangguran di Lingga 2017 Tercatat 28.849 Orang

Jumlah Pengangguran di Lingga 2017 Tercatat 28.849  Orang

Ilustrasi pelamar kerja (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Angka pengangguran di Kabupaten Lingga pada tahun 2017 ini tercatat sebanyak 28.849 orang. Angka tersebut bakal terus bertambah karena minimnya lapangan pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Lingga, Muzamil Ismail mengatakan, tingginya angka pengangguran tersebut salah satu faktor penyebabnya yakni minimnya lapangan pekerjaan.

Sehingga, kata Muzamil, hal itu membuat banyaknya putra daerah asal Kabupaten Lingga sulit mendapatkan pekerjaan yang layak walaupun telah memegang ijazah perguruan tinggi.

"Banyaknya angka pengangguran di kabupaten ini, dikarenakan minimnya lapangan kerja serta minimnya skill yang mereka miliki," ujar Muzamil ketika dihubungi Batamnews.co.id melalui ponsel, Kamis (04/05/2017).

Untuk menangani permasalahan tersebut, Muzamil melanjutkan, pihaknya di tahun 2017 ini akan membuat program peningkatan skill bagi para pencari kerja di Kabupaten Lingga.

"Beberapa program peningkatan skill yang akan dilaksanakan nanti, diantaranya yaitu pelatihan pelayaran, pelatihan otomotif dan manufaktur," kata Muzamil menerangkan.

Muzamil menambahkan, bukan hanya program itu saja, akan tetapi nantinya juga akan ada pelatihan untuk kaum Ibu Rumah Tangga (IRT).

"Pemkab Lingga juga akan mengadakan pelatihan kewirausahaan, agar kaum ibu - ibu bisa lebih mandiri," kata dia.

(ruzi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews