Investor Singapura Terpikat Wisata Karimun

Investor Singapura Terpikat Wisata Karimun

Coastal Area di Tanjungbalai Karimun. (Foto: lihat.co)

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya mengatakan, perusahaan di Singapura paling berminat berinvestasi di sektor pariwisata di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, daripada sektor lain.

Pernyataan Ngurah Swajaya ini didasarkan pada pengamatannya ketika menghadiri acara promosi investasi Karimun bertajuk "Business and Investment Forum Regency of Karimun" di Hotel Pan Pacific, Singapura, Kamis (27/4/2017).

Pada laman bisnis.com, Ngurah Swajaya menjelaskan, sebanyak 43 persen dari 70 perusahaan yang turut hadir dalam acara itu menyatakan minatnya pada pariwisata di Karimun. Sedangkan 36 persen, berminat untuk berinvestasi di bidang industri pendukung industri perminyakan dan gas, dan tujuh persen sektor industri galangan kapal atau shipyard.

Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah 7.984 km², dengan luas daratan 1.524 km² dan luas lautan 6.460 km². Berpenduduk sekitar 180 ribu jiwa, kabupaten ini memiliki 198 pulau dengan 67 diantaranya berpenghuni.

Di sini memang memiliki sejumlah tempat wisata yang memesona. Di antara adalah Pantai Pelawan yang terletak di Pangke, Meral. Memiliki lanskap pantai berpasir putih dengan sudut-sudut yang dipenuhi formasi batu granit, pantai ini berada di Free Trade Zone atau zona perdagangan bebas antara Batam-Bintan dan Karimun.

Kemudian ada  Pantai Pongkar yang berada di  Tebing. Pantai ini merupakan bagian dari Selat Malaka yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Jika berkunjung ke sini bisa sekaligus menikmati Air Terjun Pongkar yang berada tepat di kaki Gunung Jantan tak jauh dari pantai.

Gunung Jantan juga memiliki daya tarik tersendiri. Gunung Jantan adalah titik tertinggi di Kabupaten Karimun. Dari puncaknya bisa menyaksikan landskap ibukota kabupaten, Tanjung Balai Karimun, dan kapal feri yang berseliweran membawa penumpang dari dan menuju ke Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Pantai lain yang menari adalah Pantai Telunasyang berada di Pulau Sugi, Moro yang bisa ditempuh selama 60 menit dari ibukota kabupaten Tanjung Balai Karimun menggunakan perahu. DI sini ada Telunas Beach Resort yang menawarkan penginapan apung.

Lalu ada Pantai Gading. Berada di Tanjungbatu, kecamatan Kundur, Pulau Kundur, tak jauh dari pantai terdapat sebuah tangga kuno yang mengarah ke makam-makam tua. Inilah tangga yang disebut-sebut misterius oleh warga setempat.

Kisah yang unik lain juga terdapat di Pantai Batu Limau di Ungar. Di tepi pantai ini ada formasi bebatuan berbentuk limau (sejenis jeruk). Setiap batu yang berbentuk unik di kawasan ini menurut warga memiliki kisah dan petuahnya sendiri.

Selain wisata pantai, Karimun juga memiliki wisata ziarah ke  Makam Badang. Makam ini banyak dikunjungi peziarah lantaran jasad yang terkubur di dalamnya dianggap sebagai seorang tokoh terkenal di wilayah ini.  Ia adalah  hulubalang Kerajaan Riau-Lingga bernama Badang. Dipercaya sakti mandraguna dan berjasa dalam menumpas perompa.

Jangan lupa berkunjung Masjid Agung Karimun sebagai tujuan wisata religi. Masjid yang terletak di kecamatan Meral ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan rumah ibadah bagi warga Karimun sekaligus menjadi tujuan wisata religi buat para wisatawan.

Masih sangat banyak potensi wisata yang bisa digali di Kabupaten Karimun. Itulah sebabnya, para investor Singapura sangat banyak yang tertarik berinvestasi di sektor wisata jika berbisnis di Karimun. ***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews