Untung Beli Rumah atau Apartemen? Ini 5 Penjelasanya

Untung Beli Rumah atau Apartemen? Ini 5 Penjelasanya

Ilustrasi perumahan (foto : istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Kota Batam merupakan tujuan investasi yang menarik dari berbagai sektor, terlebih di sektor properti. Saat ini di Batam, pengembang berlomba-lomba membangun apartemen dan perumahan, dari yang subsidi hingga yang mewah.

Gaya hidup di perkotaan menuntut tempat tinggal yang praktis, khususnya menuju ke tempat kerja. Untuk mendapatkan rumah di sekitar kantor rasanya sudah tidak memungkinkan saat ini. Apalagi lahan untuk sektor properti di Batam mulai terbatas.

Situasi inilah yang membuat pengusaha properti melirik bisnis apartemen. Mereka menawarkan apartemen sebagai solusi tempat tinggal masa kini.

Tetapi untuk di Batam, perumahan masih menjadi pilihan konsumen untuk memiliki hunian pribadi atau sekedar berinvestasi. Karena ada beberapa keuntungan membeli perumahan ketimbang apartemen.

Fendy Tia, Head Coordinator Promotion & CSR Winner Group mengatakan, untuk di Batam rata-rata lebih memilih perumahan ketimbang apartemen. “Memang, tinggal di apartemen layaknya tinggal di hotel dengan fasilitas yang mewah,” kata Fendy kepada Batamnews.co.id, Jumat (28/4/2017).

Tetapi, kata dia, sertifikat di apartemen stata title atau kepemilikan lahan bersama, beda dengan perumahan. Kemudian, kata dia, nilai investasinya justru yang cepat di perumahan, apalagi perumahan tersebut menawarkan fasilitas lengkap dan lokasi yang bagus.

“Perumahan kenaikan nilai investasi sangat cepat, apalagi di lengkapi dengan fasilitas dan lokasi strategis,” kata Fendy.

Lantas, lebih baik membeli perumahan atau apartemen? Manakah yang lebih menguntungkan? Mengutip Cermati.com, berikut 5 uraian penjelasannya :

1. Kenali Kebutuhan dan Tujuan Sebelum Memilih Apartemen atau Rumah

Membeli properti butuh biaya besar sehingga harus dipikirkan dengan matang. Sebelum membeli properti, pertimbangkan properti seperti apa yang dibutuhkan dan di mana lokasi yang diinginkan. Jenis hunian yang Anda beli sudah tentu akan ditempati dalam waktu yang lama.

Umumnya properti yang digunakan sebagai hunian terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hunian vertikal, seperti apartemen, rumah susun, atau kondominium.

Dasar keputusan membeli jenis hunian adalah kebutuhan dan tujuan jangka panjang seperti apa yang ingin dicapai. Sebab hak dan kewajiban yang terkait dengan hunian vertikal dan rumah tapak tidaklah sama. Bahkan, ada perbedaan antara rumah tapak dan hunian vertikal yang menambah atau mengurangi daya tarik masing-masing. Membeli tempat yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan adalah pertimbangan yang penting.

Pertimbangan umum yang biasanya digunakan sebelum membeli hunian, di antaranya:

- Lokasi dan biaya.

- Luas bangunan yang diinginkan.

- Pentingnya memperhatikan pertimbangan di atas karena rumah akan menjadi tempat yang akan dihuni dalam jangka waktu yang lama.

2. Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Apartemen atau Rumah

Sebelum memilih jenis hunian yang ingin dibeli, ada baiknya juga mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

- Pahami status lahan rumah dan apartemen

Status lahan rumah dan apartemen perlu diketahui lebih dulu oleh calon pembeli. Membeli rumah tapak sama artinya dengan memiliki rumah dan tanahnya sekaligus seadainya berstatus hak milik. Sementara membeli apartemen, Anda hanya memiliki ruangan di dalamnya. Paling tidak Anda juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan untuk digunakan secara bersama-sama dengan penghuni lain. Istilahnya adalah kepemilikan bersama (strata title).

- Pertimbangkan proses dan biaya pemeliharaan

Membeli rumah berarti Anda bertanggung jawab untuk semua perawatannya. Ini tentu ada kaitannya dengan biaya perawatan. Sementara membeli apartemen, pengelola yang bertanggung jawab untuk pemeliharaannya. Besarnya biaya yang dikeluarkan tergantung pada kebijakan pengelola apartemen tersebut.

- Fitur komunitas apartemen lebih tertata dengan rapi

Membeli dan tinggal di apartemen memiliki kelebihan seperti fitur komunitas. Fitur yang dimaksud di sini semisal lapangan tenis, kolam renang, atau fasilitas berbasis masyarakat lainnya yang menjadi lebih mudah digunakan dan dipelihara. Sementara jika membeli rumah tradisional, fitur tersebut akan mengeluarkan biaya yang mahal karena dari pembangunan hingga pemeliharaan ditanggung sendiri.

3. Pertimbangkan Hal Ini Juga Sebelum Membeli

Sebelum membeli jenis hunian, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing. Di bawah ini adalah sejumlah tips yang bisa dijadikan pedoman.

Pertimbangkan lokasi, apakah rumah atau apartemen yang ingin Anda beli itu berlokasi strategis atau tidak. Bandingkan harga untuk mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan.

Pertimbangkan tujuan, apakah untuk tempat tinggal atau Investasi. Apa pun tujuannya, sebenarnya membeli properti tak ada ruginya karena harga properti selalu naik. Anda bisa memanfaatkan KPR bila tidak punya dana utuh.

Pertimbangkan fasilitas yang ditawarkan, misalnya apakah properti yang ingin dibeli memiliki fasilitas yang lengkap, seperti sport center hingga supermarket.

Pertimbangkan keamanan dan perawatan. Apartemen dengan fasilitas tambahan semisal fasilitas lift membuat penghuni apartemen mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan. Perhatikan juga segi keamanannya, apakah rawan bencana alam, gempa, dekat bandara, banjir, dan lain sebagainya.

Cek legalitas pengembang properti untuk menghindari kerugian akibat properti yang dibangun tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau sengketa hukum lainnya.

Perhatikan privasi. Apartemen lebih terjaga privasinya dibandingkan rumah. Namun, kelebihan rumah adalah Anda lebih mudah bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya.

4. Pertimbangkan Perbandingan Antara Apartemen dan Rumah

Jika Anda masih juga bingung menentukan apakah akan membeli apartemen atau rumah, coba perhatikan keuntungan membeli rumah dan apartemen berikut ini. Pilih mana yang lebih mendominasi keinginan Anda. Jika sudah, Anda bisa memutuskan untuk membeli hunian yang tepat sesuai kebutuhan dan harapan tentunya.

Keuntungan memiliki apartemen :

- Lokasi lebih mudah dijangkau karena strategis dan dekat perkantoran

Apartemen sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi. Biasanya lokasi apartemen berada di tempat-tempat yang strategis di wilayah perkotaan sehingga dari segi akses akan jauh lebih cepat dan mudah.

- Fasilitas lebih mewah

Pada umumnya, fasilitas mewah dan lengkap merupakan daya tarik yang ditawarkan apartemen. Fasilitas standar yang biasanya diberikan pengelola apartemen, di antaranya lapangan tenis, kolam renang, pusat kebugaran, tempat spa atau sauna, dan lain sebagainya.

- Alasan praktis sering kali menjadi tujuan utama membeli apartemen

Apartemen memang memberikan solusi gaya hidup praktis bagi pembelinya. Sebab semua fasilitas yang berhubungan dengan kebersihan dan pemeliharaan gedung akan menjadi tanggung jawab pihak pengelola. Pemilik apartemen hanya cukup membayar service charge saja. Dan perlu diingat biaya tersebut tidak termasuk dalam biaya KPA bila memiliki apartemen dengan dicicil.

- Memiliki apartemen meningkatkan prestise bagi pemiliknya

Maraknya iklan di media seolah memberikan dukungan bahwa apartemen adalah simbol kesuksesan, bentuk kemandirian finansial, dan juga status sosial yang tinggi. Jika dilihat dari lokasi dan fasilitas yang diberikan apartemen yang hampir mirip dengan hotel, memang persepsi seperti ini tidak ada salahnya.

Setelah mengetahui keuntungan membeli apartemen, Anda bisa membandingkannya dengan keuntungan membeli rumah seperti di bawah ini.

Keuntungan memiliki rumah

- Membeli rumah artinya membeli lahan juga

Dengan membeli rumah, Anda memiliki lahan untuk membuat tata ruang yang menarik, seperti taman, ruang bermain anak, tempat untuk bersantai, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengubah bentuknya sesuai dengan keinginan. Hal ini tidak bisa terjadi pada apartemen yang biasanya ruangnya terbatas dan lahannya milik bersama.

- Rumah punya keunggulan mudah dijual kembali

Rasa jenuh tinggal di apartemen menyebabkan rumah makin lama makin diminati masyarakat. Selain mudah untuk dijual kembali, sertifikat rumah juga bisa digadaikan saat Anda membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak.

- Pemilik rumah merasa lebih nyaman karena punya dua legalitas

Pemilik rumah lebih terjamin karena punya dua kepemilikan, yaitu rumah dan tanah dalam bentuk sertifikat yang legal. Kemudahan dalam mengelola rumah dari sisi anggaran keuangan membuat rumah lebih fleksibel untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

5. Pertimbangkan Sebelum Menjatuhkan Pilihan

Dengan membandingkan beberapa sisi positif dan negatif hunian dalam bentuk rumah dan apartemen di atas, Anda akan lebih bijak lagi memilih hunian yang akan dibeli. Sebab memiliki rumah atau apartemen merupakan tujuan jangka panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, pertimbangkan dengan masak-masak sebelum akhirnya Anda menjatuhkan pilihan.***

Untuk informasi properti di Batam, khususnya project Winner bisa menghubungi contact : 0812 7709 4094/ WA 0859 8030 08687

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews