STQ ke-IX Kabupaten Natuna 2017

Dewan Hakim STQ Diminta Tidak Terpengaruh Intervensi

Dewan Hakim STQ Diminta Tidak Terpengaruh Intervensi

Pemukulan beduk pembukaan STQ ke-IX tingkat kabupaten oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal , Selasa (25/4/2017) malam. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke IX Tingkat Kabupaten Natuna resmi dibuka, oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal, Selasa (25/4/2017) malam di Mesjid Agung Natuna.

Sebanyak 15 Kecamatan ambil bagian dalam perhelatan dua tahunan ini. Hamid meminta dewan hakim tidak terpengaruh dengan berbagai intervensi yang berpotensi ada dalam mengambil keputusan.

"Dewan hakim jangan terpengaruh dengan intervensi terhadap keputusan yang akan diambil. Semoga hasil akhir dari STQ menggambarkan kemampuan riil Kabupaten Natuna," ujarnya dalam sambutan.

Hal ini penting, karena para kafilah ini diseleksi untuk diusung dalam STQ tingkat Provinsi Kepri yang akan diadakan dalam waktu dekat 

"Saya berpesan agar kegiatan ini dijadikan momentum mengukur kemampuan dan prestasi Natuna, serta jadi bagian upaya memberantas buta aksara terhadap Alquran," tukasnya.

Setiap keputusan dewan hakim ditegaskannya harus adil dan bijaksana. Karena hal itu akan menggambarkan kemampuan peserta di setiap cabang. 

"Keputusan dewan hakim dipertanggungjawabkan dunia akhirat," ujarnya

Ia juga mengimbau para kafilah untuk bersemangat dan istiqomah mengeluarkan kemampuan maksimal dalam seni baca quran ini. "Jangan pernah abaikan nilai sportifitas dalam berlomba," ujarnya.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk disaksikan unsur FKPD. Kegiatan ini menurut Hamid juga sebagai sarana menjalin ukhuwah dan silaturahmi.  

"Pengembangan tilawatil Quran dan pembangunan Imtaq adalah salah satu prioritas pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Natuna," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan STQ ke-IX Tingkat Kabupaten Natuna, Syarifudin memaparkan kegiatan sebelumnya sejak malam taaruf, pelantikan dewan hakim, pembukaan stand bazar sudah dijalankan dengan baik.

"STQ akan digelar 25 - 29 April. Mempertandingkan cabang tilawah Quran, Hifzil Quran dan tilawah, Tafsir Quran dan Bahasa Arab," ujar Syarifudin yang juga menjabat Kabag Kesra Pemkab Natuna ini.

Peserta dikatakannya terdiri dari 15 kecamatan dengan rincian peserta yakni Bunguran Timur 8 peserta, Bunguran Barat (8), Bunguran Tengah (5), Bunguran Timur Laut (6), Bunguran Selatan (5), Bunguran Utara (4), Pulau Tiga (7), Midai (9), Suak Midai (7), Subi (4), Pulau laut (6), Serasan (5), Serasan Timur (8), Bunguran Batubi (5) dan  Pulau Tiga Barat (6).

"Jumlah seluruh peserta seluruhnya 93 orang. Perlu kami sampaikan bahwa dari tiga cabang yang kita perlombakan, tafsir bahasa arab tidak ada peserta," sebutnya.

Acara pembukaan STQ juga diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran, tari persembahan hingga atraksi seni. ***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews