Rafiq Targetkan Karimun Juara Umum MTQ di Kepri

Rafiq Targetkan Karimun Juara Umum MTQ di Kepri

Pelaksanaan STQ di Batam belum lama ini (foto : Nurlis E Meuko/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq menargetkan qori dan qoriah dari Karimun menjadi juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan di Batam.

"Insya Allah MTQ provinsi dilaksanakan di Batam, dan kami akan melatih kembali anak-anak yang berhasil meraih juara dalam MTQ tingkat kabupaten," kata Rafiq di Tanjung Balai Karimun belum lama ini.

Dalam acara penutupan MTQ IX tingkat Kabupaten Karimun di Stadion Badang Perkasa, Kecamatan Meral Barat, Aunur Rafiq mengatakan, para qori dan qoriah yang meraih juara dalam MTQ kabupaten akan mewakili Karimun dalam MTQ tingkat provinsi tersebut.

Rafiq meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk segera mempersiapkan pusat pelatihan sebagai penunjang utama dalam upaya merebut piala bergilir tingkat Provinsi Kepri tersebut.

Kabupaten Karimun pernah tiga kali berturut-turut meraih juara umum MTQ provinsi, kata dia, Karimun memiliki qori dan qoriah yang berbakat dan diseleksi melalui MTQ kabupaten.

"Selain untuk mengharumkan nama daerah, para qori dan qoriah diharapkan mampu mendorong makin berkembangnya budaya mengaji atau membaca Al Quran sebagai salah upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan," tuturnya.    

MTQ tingkat Kabupaten Karimun ke-9 dilaksanakan sejak Sabtu pekan lalu, dan resmi ditutup pada Kamis (20/4) malam, dengan diikuti 12 kafilah dari 12 kecamatan.

Dalam ajang lomba seni baca Al Quran itu, Kecamatan Meral Barat sebagai tuan rumah, sukses meraih juara umum, juara II diraih Kecamatan Meral dan juara III direbut Kecamatan Tebing.

Camat Meral Barat Monalisa menyatakan keunggulan kafilahnya dalam perlombaan ini semata-mata karena dukungan semua pihak dan kerja keras para peserta dalam berkompetisi.

"Ini semua berkat pendekatan kekeluargaan yang kita bangun kepada peserta, dan kerja keras mereka tentunya," ujarnya.

Monalisa optimistis para qori dan qoriah asal Meral Barat yang akan mewakili Karimun dalam MTQ provinsi, dapat membantu upaya Karimun untuk kembali tampil sebagai juara umum.***  

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews