FP2 MotoGP Austin 2017: Marquez Melesat, Zarco Menggila

 FP2 MotoGP Austin 2017: Marquez Melesat, Zarco Menggila

Johann Zarco. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Austin - Juara dunia bertahan dan pemenang empat balapan MotoGP Austin, Marc Marquez, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas 2 (FP2) GP Amerika, Sabtu (22/4/2017) dini hari WIB.

Di FP2 MotoGP Austin 2017, Marquez terus berusaha mengendalikan sesi sejak awal. Namun Vinales memberi perlawanan sengit dan terjadi beberapa kali pergantian pimpinan waktu tercepat pada latihan bebas kedua di antara mereka.

Vinales sempat jadi pembalap pertama yang menembus 2 menit 4 detik untuk satu putaran Austin. Namun Marquez mengunggulinya sekitar 0,3 detik lebih cepat di sisa 18 menit.

Kejutan diberikan oleh pembalap tim satelit Yamaha Tech 3, Johann Zarco, yang mencatat waktu tercepat kedua. Kejutan serupa diperlihatkan rekan setim Vinales di Yamaha Factory Racing, Valentino Rossi, yang mampu finis tercepat keempat.

Satu hal yang perlu dicatat dari para pembalap teratas di FP2. Marquez mencatat waktu terbaiknya saat memasang ban kompon medium di bagian depan dan soft di bagian belakang. Sedangkan Zarco serta Rossi menggunakan ban soft di depan maupun belakang. Tapi Vinales sama sekali tidak menggunakan ban soft di sesi ini, dia mencatat waktu terbaiknya tetap memakain ban medium seperti di FP1.

Kemudian Andrea Dovizioso lagi-lagi jadi pembalap Ducati tercepat seperti di FP1. Dari tim Suzuki, Andrea Iannone melengkapi posisi 10 besar FP2.  

Karel Abraham, pebalap tim Aspar Ducati tersebut mengalami kecelakaan pada tahap penutupan sesi FP2 dan terjatuh di tengah-tengah lintasan. Setelah itu pembalap dari Republik Ceko tersebut dilarikan ke pusat medis sirkuit dan laporan terbaru menyebut dia tidak mengalami cedera.

Pebalap kawakan Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil menempati posisi keempat dalam latihan bebas kedua di Sirkuit Austin. Pembalap berjuluk The Doctor itu berhasil mencatatkan waktu 2 menit 04,806 detik.

Rossi menjelaskan bahwa pengalaman yang dimilikinya pada dua race sebelumnya, yakni di Qatar dan Argentina, telah memberinya pelajaran untuk dapat mengerti apa yang dibutuhkannya di lintasan. Kini, ia merasa memiliki awal yang lebih bagus ketimbang sebelumnya.

“Awal yang lebih bila dibandingkan dengan dua balapan yang telah dilakoni sebelumnya, yang mana itu adalah bencana. Di Argentina kami melakukan banyak modifikasi keseimbangan dan sekarang saya memiliki perasaan lebih baik. Bagi saya, kami mengerti sesuatu yang penting,” terang Rossi, mengutip dari Crash, Sabtu (22/4/2017).

Ini hasil sesi latihan bebas kedua GP Amerika 2017:

 
(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews