Tak Hiraukan Hujan Deras, Perempuan Ini Menyapu Jalan di Kota Batam

Tak Hiraukan Hujan Deras, Perempuan Ini Menyapu Jalan di Kota Batam

Perempuan penyapu jalan di tengah hujan deras yang melanda Kota Batam. (Foto: Koko Rimba/batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Hujan lebat mengguyur kota Batam sejak pagi tadi. Pengendara sepeda motor dan pejalan kaki mencari tempat berteduh. Sedangkan pengemudi mobil tetap melaju walau berhati-hati.

Tapi lihatlah, ada seorang perempuan yang tak mempedulikan tubuhnya basah kuyub diguyur hujan. Ia terus membersihkan jalan di Kecamatan Batam Kota. Tanpa menghiraukan petir dan kilat ia terus mengayunkan sapu di tangannya.

Setiap sampah yang terlihat ia angkut dengan sekop di tanganya. Ia memang seorang petugas kebersihan di Pemerintah Kota Batam.  "Setiap hari rute jalan ini menjadi tugas saya," kata perempuan ini.

"Bagi saya cuaca panas atau hujan nggak masalah karena hanya tugas inilah saya bekerja untuk memberikan nafkah bagi anak anak saya," katanya.

Ia berkeras tak mau disebut namanya. Bahkan sampai wartawan batamnews.co.id mengajaknya sarapan pagi bersama, ia tetap menolak menyebut namanya.

Ia bercerita, menjadi tukang sapu jalanan sudah hampir enam tahun dan ia merasa tidak malu dengan nasib yang diterima dan dijalaninya.

"Karena apa yang kita kerjakan halal dan yang penting kita iklas melakukan demi anak anak," katanya.

Selain itu, ia dan teman-teman seprofesinya tentu berharap ada penambahan pendapatan dari Pemerintah Kota Batam.

Ia dan keluarganya sangat kelimpungan dengan semua kebutuhan hidupnya saat ini. Misalnya  listrik, bahan bahan sembako sudah naik. "Kami bisa membeli sembako sangat terbatas, sebab penghasilan tidak cukup untuk itu semua," katanya. "Beluml lagi tarif listrik yang naik."

Harapan yang disampaikan perempuan penyapu jalan itu sangat wajar. Pemerintah Kota Batam maupun para wakil rakyat di DPRD Kota Batam jangan menanggapinya dengan negatif.

Usai sarapan, perempuan ini kembali beraktivitas menyapu jalan. Bersenjatakan sapu dan sekop, ia kembali menembus hujan untuk memerangi sampai di jalanan. ***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews