Kapal Tangkapan WFQR IV Lanal Tarempa Kabur ke Perairan Malaysia

Kapal Tangkapan WFQR IV Lanal Tarempa Kabur ke Perairan Malaysia

Kapal Chuang Ho 68 berbendara China yang diamankan WFQR IV Lanal Tarempa yang kabur (foto : istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Kapal Chuang Ho 68 berbendera China dengan Kapasitas 8352 Gros Ton (GT) yang ditangkap oleh WFQR Lanal Tarempa pada, Kamis (20/4/2017) lalu kabur. Kapal tersebut berhasil kabur diduga sudah memasuki perairan Malaysia. 

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Laut KH Josdi Damopoli membenarkan kejadian kaburnya kapal itu. Kata Josdi, kapal tersebut kabur dengan membawa seluruh barang bukti yang sebelumnya telah diamankan. 

"Tetapi untuk seluruh Crew Kapal yang berjumlah 20 orang yang berkewargaan China tidak ikut bersama kaburnya kapal itu. Malam itu juga kapal itu dibawa kabur,"‎ ujar Josdi kepada Batamnews.co.id, Sabtu (21/4/2017) pagi.

Namun, terkait dengan kaburnya kapal China itu, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui‎ siapa yang membawa kabur kapal itu. Katanya, setelah pihaknya melakukan pencarian, diduga kapal itu kabur memasuki perairan Malaysia.

"Jumlah personil yang menjaga tiga orang sementara yang mau dijaga 20 orang," kata Josdi.

Diketahui sebelumnya kapal berbendera China itu ditangkap tim WFQR IV Lanal Tarempa karena telah melanggar Undang-undang pelayaran yang berlaku di Indonesia. Kapal tersebut membawa besi dan tembaga campuran dari bawah laut, yang diperkirakan berkisar 1.000 ton.***

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews