Rafiq Sarankan Semua Wartawan Mengikuti UKW

Rafiq Sarankan Semua Wartawan Mengikuti UKW

ki-ka: Sekretaris PWI Kepri Saibansah Dardani, Ketua AJI Batam Muhammad Zuhri, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Pemred Haluan Kepri dan Kabag Humas Setkab Karimun Eko Riswanto dalam acara dialog bulanan "Jurnalis Karimun" dengan tema: "Persiapan UKW Menuju Jurnalis Profesional" di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun, Kamis (20/4). (antarakepri.com/Rusdianto)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pemkab Karimun, Kepulauan Riau kembali menggelar dialog bulanan bersama jurnalis. Dialog yang ke empat ini dengan tema "Persiapan UKW Menuju Jurnalis Profesional" di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Kamis (20/4/2017).

Dalam dialog itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyarankan kepada seluruh wartawan yang bertugas dan bermitra dengan pemerintah setempat agar mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Dengan mengikuti dan lulus UKW, pelaksanaan tugas wartawan atau insan pers tentu lebih baik dan profesional. Jangan malu atau takut ikut UKW. Kalau tidak lulus, 'kan bisa ikut lagi pada kesempatan yang lain," kata Aunur Rafiq membuka dialog tersebut dilansir Antaranews.com.

Kata Rafiq, media dan wartawan di Kabupaten Karimun, telah lama memberikan kontribusi, dan menjalin kerja sama dalam memberitakan program-program pembangunan daerah.

Karena itu, kata dia, pemerintah daerah memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang bersifat mendorong terwujudnya wartawan yang berkompeten, menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan menyajikan berita yang berimbang atau "cover both side".

Rafiq mengatakan, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran melalui Bagian Humas untuk kegiatan pra-UKW berupa lokakarya, dan dilanjutkan dengan UKW yang dapat diikuti jurnalis yang belum pernah mengikutinya.

"Saya pikir UKW sangat positif. Semua profesi ada kompetensi dan sertifikasinya, pejabat juga harus memiliki kompetensi untuk menduduki jabatan," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak asosiasi dan wadah berhimpun wartawan agar membuat program yang bertujuan mendorong profesionalitas wartawan, seperti diskusi atau dialog dan kegiatan lain.

Dialog Bulanan Jurnalis Karimun (JK), menurut dia, merupakan salah satu kegiatan yang positif yang digelar sejak Januari 2017 dengan tema aktual.

Pengurus JK yang dilantik tahun lalu, kata dia, mengusulkan kegiatan dialog bulanan ini dan difasilitasi dengan anggaran dari APBD, dengan penyelenggara Bagian Humas Sekretariat Daerah.

"Dialog ini sudah empat kali digelar, dengan tema Karimun Bersih, Kawasan Ekonomi Khusus, Bahaya Narkoba dan tema dialog yang kita ikuti hari ini. Dan kita dorong agar wadah wartawan yang lain untuk menggelar program-programnya," kata Rafiq.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews