Mengejutkan, Ahmadinejad Daftar Lagi sebagai Calon Presiden Iran

Mengejutkan, Ahmadinejad Daftar Lagi sebagai Calon Presiden Iran

Mahmoud Ahmadinejad. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Teheran - Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad membuat sebuah langkah yang cukup mengejutkan. Tiba-tiba ia mengumumkan dia telah mendaftarkan diri sebagai calon Presiden Iran.

Melansir Reuters pada Rabu (12/4/2017), Iran dijadwalkan menggelar pemilu pada 12 Mei mendatang. Pendaftaran untuk capres dan cawapres telah dibuka oleh Badan Pemilu Iran sejak Senin lalu, dan akan ditutup pada Jumat mendatang.

Langkah Ahmadinejad ini bisa terbilang mengejutkan, karena pada September tahun lalu dia mengatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai Presiden Iran. Keputusan Ahmadinejad kala itu datang setelah dia melakukan pertemuan dengan pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

"Dalam melaksanakan niat pemimpin revolusi, saya tidak punya rencana untuk turut ambil bagian dalam pemilu tahun depan," kata Ahmadinejad kala itu.

Sejumlah pihak di Iran menyebut apa yang dilakukan Ahmadinejad ini adalah sebuah langkah yang sangat berani, dan hal ini disebut-sebut sebagai bentuk perlawanan terhadap Khamenei.

Ahmadinejad sendiri sudah dua kali menjabat sebagai Presiden Iran. Ia pertama kali terpilih sebagai Presiden pada tahun 2005. Tahun 2009 dia kembali menang dalam pemilu Iran.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews