Singapura Rancang Orchad Road Sepenuhnya untuk Pejalan Kaki?

Singapura Rancang Orchad Road Sepenuhnya untuk Pejalan Kaki?

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Siapapun yang pernah berkunjung ke Singapura, tentu tak asing lagi dengan Orchard Road. Pusat perbelanjaan utama di Singapura ini memang dirancang sangat nyaman dan ramah untuk pejalan kaki.

"Bahkan bisa menjadi sepenuhnya untuk pejalan kaki. Ini menjadi bagian dari rencana yang berani untuk mengubah daerah tersebut menjadi kawasan belanja dan gaya hidup yang khas," kata  Menteri Perdagangan dan Industri Singapura S. Iswaran sebagaimana dikutip straitstimes.com, Kamis (13/4/2017).

Berbicara di sebuah konferensi industri pariwisata, Iswaran mengatakan instansi pemerintah seperti Urban Redevelopment Authority dan Land Transport Authority bekerja dengan sektor swasta akan membuat Orchard Road yang lebih ramah lagi bagi pejalan kaki.

Pedestrianising Orchard Road disiapkan sebagai salah satu  pilihan untuk eksplorasi jangka panjang.

"Tapi untuk memulai, lembaga mempertimbangkan program pengurangan jalan dan membuka paket yang ada tanah Negara di Orchard Road untuk memperluas mal pejalan kaki," katanya.

Rencana lebih detail,  Singapore Tourism Board (STB) chief executive Lionel Yeo mengatakan perbaikan streetscape akan dilakukan untuk membuat Orchard Road lebih ramah untuk pejalan kaki.

"Kami sedang mempelajari reklamasi satu jalur di sepanjang Orchard Road untuk memberi keleluasaan bagi pejalan kaki,"  katanya. "Menanggapi masukan stakeholder tentang daya tarik berebut-penyeberangan, seperti di kota-kota Jepang, kami berniat di sini akan berebut berjalan di persimpangan utama di sepanjang Orchard Road."

Yeo menambahkan bahwa STB akan mengeksplorasi konektivitas pejalan kaki dengan meminimalkan hambatan visual dan fisik sepanjang Orchard Road.

"Rencana fisik untuk Orchard Road harus dilengkapi dengan unsur-unsur experiential. Kami ingin mendorong konsep pengalaman baru dan lebih street-level pop-up aktivasi," kata Yeo.

"Hal ini dapat dilakukan dengan memungkinkan penggunaan sementara situs kosong yang ada seperti carparks udara terbuka di Grange Road dan Angullia Park. Kami juga dapat meninjau pedoman untuk struktur sementara dan menggunakan dalam ranah publik." ***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews