Komputer Terserang Virus, UNBK SMK Kartini Batam Mundur 1,5 Jam

Komputer Terserang Virus, UNBK SMK Kartini Batam Mundur 1,5 Jam

Ilustrasi UNBK (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini Batam, Kepulauan Riau terkendala saat hendak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) pada hari pertama, Senin (10/4/2017).

Ujian terkendala karena sistem komputer terserang virus. Ujian yang seharusnya dimulai pada pukul 07.30 WIB terpaksa ditunda pukul 09.00 WIB. Hal ini disebabkan soal-soal yang akan di akses (download) oleh siswa tidak bisa, karena virus mengganggu server.

Kepala Sekolah SMA Kartini, Ani Muslimah mengatakan bahwa gangguan sistem tersebut terjadi pada saat siswa akan mendownload soal ujian dari komputer.

"Tiba-tiba saja pas mau download, komputer tidak bisa. Kemudian kita pihak sekolah langsung melaporkan ke Dinas Pendidikan," Kata Ani saat dijumpai di SMA Kartini Batam, Senin (10/4/2017).

Setelah itu, kata dia, siswa terpaksa menunda ujian hingga pukul 09.00 WIB. Setelah teknisi memperbaiki jaringan yang terserang oleh virus. "Pertama dugaan karena jaringan, setelah di cek, berkemungkinan virus. Maka teknisi dari yayasan dan dinas langsung memperbaiki,” katanya.

Ani menjelaskan, sebelum dilaksanakannya ujian, pihak sekolah dan yayasan beseta Dinas Pendidikan, telah melakukan singkronisasi dan persiapan sistem. Bahkan, kata dia, pagi sebelum dimulainya ujian, kembali dilakukan prepare dan mengecek semuanya.

“Kita sudah sejak Jumat singkronisasi, pagi tadi kita juga prepare, dan semua ready," ujarnya.

Kendati demikian, tertundanya waktu ujian tidak membuat panik siswa yang akan mengikuti ujian. Karena, tidak akan merugikan dan merusak nilai. "Meski mundur waktu, tidak akan masalah. Siswa sudah diberitahu, tidak ada hubungannya dengan nilai," kata Ani.

"Kalau tertunda waktu tidak apa-apa, karena kita sudah diberi tahu sebelumnya, jika terjadi kesalahan pada kumputer jangan panik dan takut," kata Iqbal, siswa SMK Kartini saat ditemui usai mengikuti ujian.

Hari pertama UNBK, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, dibagi menjadi tiga gelombang setiap harinya, dari 110 siswa dengan 40 komputer.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews