Mencicipi Kuliner Khas Minangkabau di Batam

Mencicipi Kuliner Khas Minangkabau di Batam

Ilustrasi kue Bika (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kali ini kita coba membahas jajanan tradisional khas Minangkabau, yakni Bika. Bika merupakan singkatan dari Biskuit Koto Baru Asli. Bika di Sumatera Barat dikenal dengan nama Bika si Mariana, sudah ada sejak pada zaman Belanda.

Pada saat itu ibu Mariana sebagai pembuat Bika ini menjualnya di sekitar stasion kereta api, naik turun kereta api dan dijual dengan ukuran yang besar dan proses memasaknya sangat lama.

Nah, di Batam juga terdapat jajanan khas Minangkabau ini, hanya saja ukurannya tidak menyerupai Bika yang ada di Sumatera Barat, karena ukurannya yang kecil harganya pun cukup terjangkau. Satu potong Bika harganya Rp 1.000.

Kue Bika di Batam dijual oleh Bu Delmawati, ia berjualan kue Bika dipinggir jalan persis didepan Vihara Duta Maitreya, Sei Panas. Walaupun berjualan menggunakan gerobak dorong seadanya, rasa Bika Bu Del, saapan akrab Delamawati ini tak kalah enak dibanding Bika si Mariana, rasa gurih tepung beras dan kelapa sangat terasa dilidah ketika dimakan saat masih hangat. 

Terbuat dari tepung beras, kelapa dan gula pasir dan kemudian dipanggang dengan oven sekira 10 menit, serta dilapisi dengan daun agar rasa bingka panggang terasa lebih gurih. "Pemanggangan kue Bika dilakukan di tempat jualan, dan kue dijual dari pukul 03.00 WIB sore sampai pukul 10.00 WIB malam," kata Bu Del saat berbincang santai dengan Batamnews.co.id, Minggu (9/4/2017)

"Saya menjual kue Bika khas Padang Panjang. Selain dari Padang, Bika ini juga merupakan makanan khas daerah Banjar, Kalimanatan Selatan,” kata perempuan paruh baya berjilbab ini bercerita.

Selain menjual kue Bika, Bu Del jajanan ringan lainnya, seperti Bakso Bakar yang sudah ditusuk persis sate. Ia menjual Bakso Ikan Bakar Rp 2.000, Bakso Ayam Bakar Rp 1.000, Bakso Sapi Bakar Rp 2.000, dan Tahu Isi Bakso Ayam Bakar Rp 2.000.

Bu Del mulai mendirikan usaha kue Bikanya ini sudah 4 tahun lalu. Ia memulai usaha dengan modal yang pas-pasan. Saat ini, omset dari penjualan Bika dan Bakso Bakarnya tersebut Rp 5.000.000 per bulannya.

Kue Bika ini ramai diserbu orang kala bulan suci ramadhan. Karena sangat cocok sebagai menu berbuka puasa. “Setiap bulan ramadhan penjualan Bika ramai, cocok buat berbuka puasa,” katanya.***

(sip)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews