Facebook Beri 10 Tips Kenali Hoax

Facebook Beri 10 Tips Kenali Hoax

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menanggapi kritik terhadap peredaran berita palsu di platform mereka, Facebook dalam waktu dekat akan memberikan tips kepada para penggunanya mengenai cara mengenali berita palsu.

Dikutip dari laman The Telegraph, Facebook akan memberikan panduan kepada para pengguna di 14 negara, salah satunya Inggris Raya, untuk menyikapi fenomena berita bohong atau berita palsu.

"Kami menggali cara untuk memberikan orang-orang lebih banyak konteks tentang peristiwa sehingga membantu mereka mengambil keputusan apa yang akan dibaca, dipercaya, dibagikan serta memberi akses ke lebih banyak perspektif topik yang mereka baca," kata Adam Mosseri dari Facebook.

Menurut laporan dari Recode, pihak Facebook sudah memulai memberikan tanda khusus untuk kabar yang masih belum pasti kebenarannya.

Setiap berita yang masih belum jelas kebenarannya itu bakal memiliki tag "disputed" pada bagian bawahnya. Beberapa berita yang belum jelas asal usul dan kebenarannya di Facebook pun terlihat sudah memiliki tanda ini. Pihak Facebook melakukan pengecekan melalui software untuk menelusuri asal berita tersebut.

Mulai Jumat (7/4) waktu setempat, pengguna akan menerima pemberitahuan tentang "false news", istilah yang digunakan Facebook untuk berita fabrikasi.

Berikut ini adalah bunyi tips tersebut.

1. Ragukan judul
Judul berita palsu biasanya menarik, menggunakan huruf kapital dan tanda seru. Terkadang fakta yang ditulis di judul meragukan.

2. Perhatikan URL
Banyak berita palsu yang meniru sumber berita resmi dengan memberi sedikit perubahan di URL. Biasakan bandingkan URL yang diberikan dengan sumber resmi.

3. Cek sumber
Pastikan berita berasal dari sumber yang terkenal dengan akurasi. Bila berasal dari situs yang belum pernah Anda dengar, periksa rubrik "About" atau "Tentang Kami" untuk mengenalinya.

4. Perhatikan format
Beberapa berita palsu menggunakan ejaan atau tata bahasa yang salah, juga tata letak yang tidak lazim.

5. Cek foto
Berita palsu sering menggunakan foto atau video hasil manipulasi. Terkadang, foto benar tapi tidak sesuai konteks. Gunakan mesin pencari untuk mengetahui asal foto itu.

6. Periksa tanggal
Berita palsu bisa menggunakan waktu yang tidak masuk akal atau tanggal tidak sesuai.

7. Cek bukti
Cek sumber yang ditulis untuk memastikan kebenaran. Kurang bukti atau tidak mencantumkan nama sumber mengindikasikan berita palsu.

8. Bandingkan dengan berita lain
Bila tidak ada berita lain melaporkan hal sama, bisa jadi itu berita palsu.

9. Lelucon
Terkadang berita palsu sulit dibedakan dari artikel humor. Periksa apakah sumber berita terkenal dengan lelucon. Baca baik-baik rincian cerita dan perhatikan nada tulisan apakah bertujuan untuk bercanda.

10. Berpikir kritis
Beberapa berita sengaja dibuat tidak sesuai. Pikirkan baik-baik berita yang Anda baca lalu bagikan hanya artikel yang Anda yakini terpercaya.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews