Perempuan Berhijab dan Ibu menyusui Bakal Bakal Jadi Emoji Tahun Ini?

Perempuan Berhijab dan Ibu menyusui Bakal Bakal Jadi Emoji Tahun Ini?

Paket emoji 2017 (Emojipedia)

BATAMNEWS.CO.ID - Emojipedia mengumbar desain awal paket emoji yang berpotensi hadir tahun 2017 ini. Desain tersebut sudah diajukan ke konsorsium Unicode sejak akhir 2016 lalu.

Dari 51 emoji dalam satu paket, ada beberapa yang menarik perhatian. Di antaranya ada emoji perempuan mengenakan hijab dan ibu yang sedang menyusui.

Desain demikian menegaskan peran emoji sebagai wadah berekspresi bagi siapa saja, bukan cuma kelompok mayoritas.

Untuk emoji hijab sendiri sebenarnya telah lama diajukan beberapa pihak. Terakhir, pada September 2016 lalu, remaja 15 tahun asal Arab bernama Rayouf Alhumedhi yang meminta emoji hijab dikabulkan oleh Unicode.

Selain hijab dan ibu menyusui, beberapa emoji lainnya adalah kepala meledak, ekspresi muntah, daging merah, ricebox, zebra, t-rex, pretzel, tangan metal, dan dua tangan menengadah seperti berdoa. Meski demikian, dari 51 emoji dalam paket yang diajukan Emojipedia, belum tentu semuanya disetujui Unicode. 

"Bisa saja ada yang berubah (dari paket yang diajukan)," kata perwakilan Emojipedia, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Senin (27/3/2017).

Emojipedia merupakan layanan mesin pencari khusus sekaligus perancang emoji. Sementara itu, Unicode adalah sebuah lembaga yang menetapkan standar pada hal penyandian (encoding), termasuk emoji, pada industri komputer.

Sebelumnya, pada pertengahan 2016 lalu, 72 emoji baru dalam satu paket dikeluarkan Unicode. Paket tersebut didominasi oleh emoji dengan profesi kerja.

Tiap pekerjaan ada perwakilan emoji pria maupun perempuan, sehingga menegaskan prinsip kesetaraan gender. Pekerjaan itu mulai dari insinyur, dokter, rockstar, montir, pelukis, hakim, kimiawan/kimiawati, pemadam kebakaran, hingga guru dan koki.

Emoji yang baru diajukan pada akhir 2016 ini naga-naganya bakal meluncur resmi pada pertengahan 2017 nanti. Kita tunggu saja.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews