Maha Vihara Duta Maitreya, Destinasi Wajib Bagi Wisatawan di Batam

Maha Vihara Duta Maitreya, Destinasi Wajib Bagi Wisatawan di Batam

Suasana Maha Vihara Duta Maitreya di Sei Panas, Batam. (foto: sip/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tahukah Anda vihara terbesar di Asia Tenggara? Ternyata bukan berada di Thailand atau Kamboja tapi di Indonesia. Namanya Maha Vihara Duta Maitreya yang terletak di Jalan Laksamana Bintan, Sei Panas, Batam.

Vihara ini adalah destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Ribuan wisman datang setiap bulan dari berbagai negara.

Maha Vihara Duta Maitreya Batam terletak di daerah Sei Panas ini tidak terlalu jauh dari Bandara Hang Nadim dan bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 20-30 menit. Jika dari Pelabuhan Internasional Batam Centre, hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan.

Pada Jumat (24/3/2017) pagi, suasana di vihara sudah ramai dikunjungi turis. 

Dari data yang diperoleh dari pengurus vihara, pada bulan Febuari 2017 lalu tercatat 4.000 orang yang mengunjungi Maha Vihara Duta Maitreya. "Sebagian besar turis Korea dan China," kata Seri, staf bagian informasi di Maha Vihara Duta Maitreya, Jumat.

Sedangkan data kunjungan bulan Maret belum direkap.

Perempuan berusia 18 tahun asal Tanjung Balai ini pernah kuliah di kampus yang berada di lingkungan Vihara Vihara Duta Maitreya di jurusan S1 Teknik Industri.

Ya, selain tempat ibadah, di lingkungan vihara itu terdapat lembaga pendidikan mulai dari TK, SD hingga universitas.

Bagi turis yang datang, disediakan juga restoran dan tempat beristirahat.

Maha Vihara Duta Maitreya ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan jika berkunjung ke Pulau Batam. Didirikan pada tahun 1991 dengan luas 5 hektar. Vihara ini terletak berada di pinggir jalan raya sehingga terlihat megah dan berdiri kokoh.

Vihara ini juga dikenal sebagai Kuil Budha tertawa, karena rata–rata patung Dewa Maitreya di sini mempunyai bentuk tubuh tinggi, lebar, telinga padat, gemuk dan wajah tertawa.

Vihara ini mempunyai lahan parkir luas dengan taman yang dilengkapi dengan sejumlah patung dewa berjejer rapi. Selain patung Dewa Maitreya terdapat patung Budha Gautama, Amitabha, Satya Kalama, Baisajyaguru dan Dewi Kwan Im yang berada di sekeliling vihara.

Vihara ini mempunyal lima graha dengan Graha Maitreya yang merupakan graha utama yang fungsi utamanya sebagai tempat ibadah umat Maitreya melakukan kebaktian. Tempat ini bisa menampung sekitar 2.000 orang. Selain itu ada Graha Patriat, Graha Sakyamuni, Graha Budha Avalokitosvara dan Graha Budha Satya Kalama.

(sip)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews