Besok Malam, Singapura Matikan Lampu Satu Jam

Besok Malam, Singapura Matikan Lampu Satu Jam

Area Marina Bay sebelum (kiri atas) dan selama Earth Hour pada tahun 2012. Acara tahunan kali ini ditandai dengan 200 perusahaan dan organisasi di sini mematikan lampu mereka selama satu jam dalam mendukung lingkungan besok malam. (FOTO: WWF SINGAPORE)

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura – Memperingati Earth Hour, Singapura menyajikan sejumlah kegiatan menarik. Didukung 200 pebisnis dan organisasi, acara Earth Hour besok ditandai dengan mematikan lampu selama satu jam, mulai pukul 20.30-21.30 di Singapura.  

Di antara 200 pebisnis dan organisasi yang memadamkan lampu sejam itu termasuk pusat perbelanjaan Ang Mo Kio Hub dan Bugis Junction, bank seperti United Overseas Bank, dan lembaga pemerintah termasuk Angkatan Pertahanan Sipil Singapura.

Tentu kegiatan ini dimotori oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Mereka telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan sebelum acara puncak yang dianggap terbesar dalam sejarah Singapura.

Kegiatan ini sangat menarik. Di antaranya pertunjukan laser di Singapore Flyer dan pertunjukan musik oleh artis lokal Dru Chen, Inch Chua dan Shigga Shay.

Tahun ini WWF juga menyelenggarakan Sundown Marathon. Peserta lomba akan berjalan untuk suatu tujuan dan mempromosikan kelestarian lingkungan. Lebih dari 35.000 orang diperkirakan akan ambil bagian pada kegiatan ini.

Misalnya, peganti air minum di gelas sekali pakai, pelari akan diberikan air dalam bentuk jelly pada titik-titik air. Ini adalah sebuah kampanye untuk mengurangi limbah. Air minum dalam botol yang dapat digunakan lagi, akan disediakan di the5kmEarth Hour Run.

Medali biogradable yang diterima pelari, bisa dikuburkan ke dalam tanah yang kemudian akan tumbuh kemangi.

Kegiatan Earth Hour lainnya termasuk soal penghematan energy, yaitu menukar lampu pijar dengan LED di i Light Marina Bay. Bahkan para yang menggunakan kereta api atau bus ke festival ini juga berkesempatan memenangkan kartu ez-link untuk memenangkan lucky draw.

Perusahaan real estate CapitaLand mengatakan kampanye Earth Hour tahunan di Singapura dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang menyenangkan. “Juga mendidik, disertai berbagai penghargaan untuk mendorong para pemangku kepentingan agar mengadopsi gaya hidup hijau, sehat dan berkelanjutan.”

Tahun ini, lebih dari 280 properti CapitaLand di seluruh dunia, termasuk 34 properti CapitaLand di Singapura, akan berpartisipasi dalam Earth Hour.

Bahkan Royal Plaza on Scotts restoran prasmanan 'Carousel, menyajikan hidangan dengan sayuran yang ditanam di atap nya. Ini adalah salah satu upaya mengurangi jejak karbon yang terlibat dalam pengangkutan sayuran.

Acara tahunan memadamkan lampu ini sudah dimulai di Sydney, Australia pada tahun 2007, telah menyebar ke lebih dari 170 negara dan wilayah.

Sepuluh tahun berselang, diselenggarakan di Singapura besok, pukul 20:30-21:30. ***

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews