Jokowi ke Batam, Bansos Rp64,1 Miliar Mengalir

Jokowi ke Batam, Bansos Rp64,1 Miliar Mengalir

Presiden Jokowi menyalami sejumlah pejabat saat tiba di Batam (Foto: Jim/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan Rp64,1 miliar untuk Program Keluarga Harapan Non Tunai, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bansos lanjut usia, bansos disabilitas, bansos KUBE jasa, dan bansos E-Warong bagi 43.123 keluarga di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Bantuan-bantuan itu diserahkan oleh Presiden Joko Widodo secara simbolis di Pulau Galang, Kota Batam, Kamis (23/3/2017).

"Kita ingin kedepan seluruh anak Indonesia sehat dan cerdas, karena persaingan 20-30 tahun kedepan akan semakin berat. Bukan antarkota atau kabupaten lagi tapi antarnegara. Jadi harus disiapkan betul anak-anak kita agar bisa memenangkan persaingan tersebut," ujar Presiden berpesan.

Dari Rp64,1 miliar yang disalurkan, sebanyak Rp62,9 miliar di antaranya disalurkan melalui bantuan nontunai dengan bekerja sama pihak perbankan, yang terdiri dari PKH Non Tunai senilai Rp20,09 miliar untuk 10.631 keluarga dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sejumlah Rp42,8 miliar untuk 32.493 keluarga.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan penyaluran bansos PKH dan BPNT di seluruh Kecamatan di Kota Batam telah menggunakan fasilitas perbankan.

Ia yakin skema bantuan sosial nontunai yang dilakukan Kementerian Sosial mampu mempercepat penanggulangan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan antarindividu dan antardaerah.

Khofifah mengungkapkan percepatan keuangan inklusif yang dilakukan Kemensos lewat E-Warong PKH berkontribusi bagi target keuangan inklusif pemerintah yang dipatok sebesar 75 persen di tahun 2019 mendatang.

"Akhir tahun 2017, tiga juta keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di 98 kota dan 200 kabupaten dapat menikmati aksesibilitas perbankan," tuturnya.

Menurut Khofifah, terkoneksinya masyarakat miskin dengan perbankan membuat mereka dapat memanfaatkan berbagai produk dan jasa keuangan formal seperti transfer, menabung maupun pinjaman serta asuransi.

Intervensi pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan pun semakin efektif. Karena bantuan sosial dan subsidi diintegrasikan dalam satu kartu yaitu Kartu keluarga Sejahtera (KKS) yang memiliki fitur uang elektronik dan tabungan sehingga bisa menampung bansos PKH, Pangan, Subsidi LPG 3Kg, dan subsidi listrik.

"Penyaluran bantuan nontunai sangat efektif mengajarkan masyarakat untuk menyimpan uang bantuan dalam tabungan. Jadi tidak serta merta diambil semua saat bansos ditransfer," kata Menteri.

Turut hadir dalam acara yang disejalankan dengan penyerahan KIS, KIP dan PKH tersebut, di antaranya Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.*** 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews