Begini Pesan Presiden Jokowi ke Ibu Rumah Tangga Penerima Bansos di Batam

Begini Pesan Presiden Jokowi ke Ibu Rumah Tangga Penerima Bansos di Batam

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Batam dan meresmikan waduk Sei Gong, Galang, Batam (Foto: Jim/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti bantuan sosial yang diberikan tidak disalahgunakan. Jokowi bahkan berpesan khusus kepada para ibu rumah tangga yang menerima.

"Jadi kalau suaminya nanti minta uang beli rokok, jangan dikasih ya ibu-ibu, sayang suami jangan belikan rokok, uangnya bisa beli kebutuhan yang lebih bermanfaat, daripada menambah penyakit suaminya," ujar Presiden RI, Joko Widodo, saat di Kantor Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (23/3/2017). 

Jokowi menyerahkan sejumlah jenis bantuan sosial berbentuk Kartu Indonesia Pintar, Pemberian Makanan Tambahan, Program Keluarga Harapan dan Kartu Indonesia Sehat. 

Kata Jokowi, bantuan seperti Dana Program Keluarga Harapan, tidak boleh digunakan untuk membeli rokok. 

Saat itu berpidato tersebut, Jokowi terlihat mencairkan suasana. Beberapa kali ia melontarkan guyonan. Para Pelajar dan warga serta para tamu undangan tak kuasa menahan tawa.

Sedikitnya 43.123 keluarga di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menerima bansos dengan memanfaatkan teknologi perbankan. Total bansos non tunai yang disalurkan mencapai Rp62,9 miliar terdiri dari PKH Non Tunai senilai Rp20,09 miliar untuk 10.631 keluarga dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sejumlah Rp42,8 miliar untuk 32.493 keluarga. 

"Penyaluran bantuan nontunai sangat efektif mengajarkan masyarakat untuk menyimpan uang bantuan dalam tabungan. Jadi tidak serta merta diambil semua saat bansos ditransfer," ujar Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, di kesempatan yang sama.

Pembagian Kartu Indonesia Pintar diberikan pada 807 Siswa dengan rincian Rp 450 ribu setahun untuk pelajar Sekolah Dasar, Rp 750 ribu setahun untuk pelajar SMP dan Rp satu juta setahun untuk pelajar SMK/SMA. 

Jokowi hadir didampampingi Ibu Iriana, beberapa Menteri, Gubernur Kepulauan Riau, beberapa Kepala Daerah di Provinsi Kepualuan Riau serta berbagai Unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) usai meninjau lokasi bendungan Sei Gong, Desa sijantung, Kecamatan Galang, kota Batam.

Selain membagikan bantuan, Jokowi ke Batam juga meresmikan waduk Sei Gong, Kecamatan Galang, Batam.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews