Ada Gawat Darurat dan Kebakaran di Batam, Kontak 112

Ada Gawat Darurat dan Kebakaran di Batam, Kontak 112

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pemeritah Kota Batam menluncurkan Nomor Tunggal Panggil Darurat (NTPD) 112. Nomor khusus tersebut mempermudah masyarakat melaporkan kejadian darurat.

"Layanan ini kita berikan untuk mempermudah masyarakat, khususnya dalam melaporkan kejadian gawat darurat di lingkungannya. Jadi kepada masyarakat Kota Batam jangan segan-segan manfaatkan layanan ini," ujar Walikota Batam, Rudi, Sabtu (18/3/2017). 

Rudi mengatakan bahwa setiap orang yang melihat atau mengetahui kejadian dapat langsung menghubungi nomor tersebut. 

Skema pelaporan cukup simpel. Pelapor menghubungi nomor tunggal 112, nantinya akan ada operator yang menanyakan apakah ada korban dari kejadian tersebut. Penelepon menjawab tidak tahu karena posisinya yang cukup jauh dari lokasi.

Setelah mengumpulkan informasi, operator kemudian menverifikasi kembali informasi yang diterima kepada penelepon. Selanjutnya operator menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam untuk segera mengirimkan tim pemadam dari pos terdekat.

"Jadi masyarakat bisa langsung menghubungi dan melaporkannya," kata Rudi.

Kepala Dinas Kominfo Batam, Salim mengatakan jenis kegawatdaruratan yang bisa dilaporkan antara lain kebakaran, gangguan keamanan, gangguan kesehatan darurat, penyalahgunaan narkoba, dan kekerasan dalam rumah tangga. 

Karena dalam pelaksanaan 112, Kominfo bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, RSUD dan Puskesmas, Dinas Kesehatan, BNN, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

"Untuk instansi vertikal sementara BNN, ke depan ke kepolisian juga diupayakan by sistem, kalau sekarang masih by phone," ujat Salim.

Salim mengatakan target penanganan laporan ini 15 menit. Artinya paling lama 15 menit setelah informasi diterima melalui telepon, sudah ada reaksi dari instansi terkait.

Guna mendukung hal tersebut, NTPD 112 didukung 12 operator dan empat supervisor yang bekerja dalam empat shift. Salim mengatakan nomor dapat dihubungi masyarakat secara gratis alias bebas pulsa.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews