Hasil Ujicoba UNBK Kurang Memuaskan, Kadisdik: Anak-anak Masih Gaptek Komputer

Hasil Ujicoba UNBK Kurang Memuaskan, Kadisdik: Anak-anak Masih Gaptek Komputer

Kadisdik Batam Muslim Bidin. (foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Pendidikan Kota Batam sudah menggelar ujicoba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Batam belum lama ini. Meski hasilnya belum keluar, namun gambaran hasilnya kurang memuaskan. Salah satu problem adalah siswa belum memahami cara kerja komputer alias masih gaptek komputer.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan, hasil akhir dari uji coba belum diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, akan tetapi untuk gambaran dari hasil tersebut sudah didapatkan. Hasil ujicoba UNBK belum didapat karena gangguan jaringan di sistem komputer.

Hasil yang kurang sesuai harapan diantaranya adalah pengetahuan siswa yang minim soal ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Di samping itu juga karena siswa kurang menguasai materi yang diujicobakan.

"UNBK ini kan baru. Kemarin juga masih simulasi. Tahun lalu memang sudah ada beberapa sekolah yang mulai menerapkan, tahun ini ada 22 sekolah. Artinya belum tersosialisasi sekali. Anak-anak belum memahami betul cara kerja komputer. Perlu di-push lagi," kata Muslim Bidin, Kamis (16/3/2017).

Untuk sekolah yang diujicobakan diantaranya terdiri dari 22 SMP, 19 SMA dan 24 SMK baik negeri maupun swasta. Dari segi kesiapan, Muslim akan tetap mendorong sekolah-sekolah lainnya agar dapar menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews