Terumbu Karang Raja Ampat Hancur Lebur Dihajar Celedonian Sky

Terumbu Karang Raja Ampat Hancur Lebur Dihajar Celedonian Sky

Terumbu karang di Raja Ampat yang rusak parah (Foto: Repro/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kerusakan karang di Raja Ampat, Papua Barat, benar-benar serius. Karang tersebut hancur lebur setelah ditabrak kapal Caledonian Sky asal Inggris. Karang yang rusak persis di pusat dari hamparan karang Raja Ampat.

Kerusakan terumbu karang akibat terjebaknya kapal pesiar Inggris, Caledonian Sky, di Raja Ampat 8,5 kali lebih besar dari dugaan awalnya.

Awalnya, luas terumbu karang yang rusak ditaksir 1.600 meter persegi. Namun, menurut hasil kajian Conservation International, luas yang mengalami kerusakan mencapai 13.500 meter persegi.

"Kandasnya kapal Caledonian Sky yang dinakhodai oleh Kapten Keith Michael Taylor ini menimbulkan dampak kerusakan terumbu karang yang luar biasa. Arahnya, terumbu karang yang dirusak oleh kapten kapal MV Caledonian Sky itu berada tepat di jantung Raja Ampat, sebuah pusat keanekaragaman hayati laut," ujar Deputi Koordinasi Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, Selasa (14/3/2017).

Berdasarkan UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, perusakan kekayaan alam seperti terumbu karang, lahan gambut, dan hutan merupakan tindak kriminal yang ancaman hukumannya pidana penjara. 

Oleh karena itu, Arif mengatakan, kendati perusahaan asuransi bersedia membayar kerusakan lingkungannya, hal tersebut tidak dapat menghilangkan aspek pidananya. 

Terumbu karang yang tumbuh ratusan tahun itu dirusak oleh kapten Kapal MV Caledonian Sky dalam waktu kurang dari sehari.*** 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews