Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 27 Mei

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 27 Mei

Din Syamsuddin, Muhammadiyah. Foto ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadan 1438 Hijriah/2017 Masehi jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 merujuk hasil perhitungan astronomi ahli falak salah satu organisasi Islam terbesar Indonesia itu.

"Karena posisi hilal saat itu berada di sekitar tujuh derajat. Sudah tinggi," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Ia menjelaskan, keputusan tersebut merujuk pada hasil "isab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Menurut Muti, posisi ketinggian bulan baru atau hilal yang tinggi itu memungkinkan terlihat mata telanjang. Kemungkinan besar awal puasa 2017 versi Muhammadiyah dengan pemerintah akan sama.

Pemerintah, kata dia, biasanya menetapkan posisi minimal hilal sesuai metode rukyat adalah lebih dari dua derajat di atas ufuk guna memenuhi unsur keterlihatan bulan oleh mata.

"Pemerintah walaupun menggunakan rukyatul hilal biasanya di atas 4 derajat itu hilal sudah terlihat. Bahkan ada pendapat kalau dua derajat sudah rukyat," tuturnya.

Kendati ada kesamaan awal Ramadan Muhammadiyah dan pemerintah, Muti mengatakan delegasi Muhammadiyah akan tetap menghadiri sidang itsbat yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan beberapa syarat sesuai prinsip kemaslahatan musyawarah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews