Bahrumsyah; Petinggi ISIS Asal Indonesia Tewas di Suriah

Bahrumsyah; Petinggi ISIS Asal Indonesia Tewas di Suriah

JAKARTA - Komandan Asia Tenggara Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), Bahrumsyah, tewas pada Senin (13 Maret) dalam serangan bunuh diri yang gagal saat menyerang tentara Suriah.

Al-Masdar News memberitakan pria yang berasal dari Indonesia itu, tewas setelah mobil sarat bahan peledak yang ia kemudikan itu meledak saat menuju unit Angkatan Darat Arab Suriah di Palmyra.

ISIS membenarkan berita kematian Bahrumsyah. Tapi dalam sebuah postingan di media sosial, mereka mengklaim serangan "Abu Muhammad al Indonesi" berhasil menyebabkan kerusakan pada musuh mereka.

Abu Muhammad al Indonesi, adalah nama sandi --untuk berperang-- dari Bahrumsyah.

Namanya meroket pada 2014 setelah muncul dalam sebuah video perekrutan, menyerukan agar militan dari Indonesia, Malaysia dan lain-lain di wilayah tersebut untuk bergabung ISIS.

Hal ini terjadi setelah Bahrumsyah dilaporkan telah ditunjuk oleh pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi untuk memimpin batalion pejuang asing dari Asia Tenggara.

Amerika Serikat telah menempatkan Bahrumsyah dalam barisan teroris. Ia sempat dikabarkan tewas dalam sebuah pertempuran.

Istri ketiganya, Nia Kurniawati, adalah di antara 17 orang Indonesia yang dideportasi dari Turki pada bulan Januari setelah mencoba memasuki Suriah.

Nia sejak itu telah ditempatkan dalam program deradikalisasi di tempat penampungan yang terletak di Jakarta Timur.

Indonesia telah dilanda serangkaian serangan teroris setelah empat militan menyerang di pusat kota Jakarta pada 14 Januari tahun lalu.

Beberapa analis percaya Bahrumsyah adalah sosok yang berada di balik  serangkaian serangan di Jakarta. ***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews