Polisi: Pengendara Taat Aturan Karena Petugas, Bukan Kesadaran Sendiri

Polisi: Pengendara Taat Aturan Karena Petugas, Bukan Kesadaran Sendiri

Ilustrasi Operasi Simpatik (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dalam operasi Simpatik Seligi 2017, masih banyak ditemukan pengendara yang melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas. Hal itu terlihat dari teguran yang dilakukan Satlantas Polresta Barelang dalam kegiatan Operasi Simpatik yang sedang berlangsung.

Kesadaran masyarakat dalam berkendara masih sangat minim, banyak pengendara yang patuh akan peraturan dan hukum karena takut dengan petugas bukan takut akan dengan keselamatan. 

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani, mengatakan, hal itu terbukti dengan Operasi Simpatik Seligi 2017 yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang.

"Operasi ini, kita lebih mengedepankan teguran dari pada tindakan berupa tilang. Rata-rata setiap hari teguran dilakukan anggota terhadap pengendara, karena melanggar diatas angka 20. Belum lagi dengan tindakan yang juga dilakukan. Melihat kondisi ini, sudah jelas masyarakat taat aturan karena takut petugas, bukan karena kesadaran sendiri," kata Andar, Senin (13/3/2017) di Polresta Barelang.  

Memasuki hari ke 13, yang dimulai sejak 1 Maret kemarin, teguran yang dilakukan terhadap masyarakat rata-rata masih di atas angka 20 setiap harinya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Teguran yang dilakukan kepada pengendara terutama roda empat, dikarenakan tidak mengenakan sabuk pengaman saat berkendara," ujar Andar.

Sejauh ini, sudah sebanyak 429 teguran yang dilakukan anggota Satlantas Polresta Barelang terhadap pengendara, sejak dimulainya operasi simpatik seligi 2017 pada 1 maret hingga 12 maret 2017.

"Kita sangat mengimbau masyarakat agar taati aturan karena diri sendiri. Masyarakat harus sadar, mentaati aturan berlalu lintas itu adalah demi keselamatan dirinya, bukan karena petugas. Petugas hanya menjalankan tugas. Kalau terjadi kecelakaan atau lainnya, itu menjadi tanggunjawab pengendara itu sendiri."


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews