Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Tanjungpinang Tawarkan Outbound

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Tanjungpinang Tawarkan Outbound

Ilustrasi pelajar membaca buku di perpustakaan (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Untuk meningkatkan minat baca pelajar, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menawarkan kepada sekolah-sekolah sistem pembelajaran "outbound".

"Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di ruangan sekolah, tapi dilakukan di wilayah kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang Wan Samsi, Minggu (5/3/2017).

Samsi menjelaskan bahwa pembelajaran tersebut dilakukan pada jam belajar dengan menggunakan fasilitas antarjemput pelajar dari sekolah ke Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

Menurut Samsi, dinas terkait juga telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang untuk meningkatkan minat baca pelajar melalui sistem "outbound" tersebut.

"Dalam sehari, kunjungan pelajar semakin banyak karena dalam sehari rata-rata sekitar tiga lokal per sekolah memenuhi perpustakaan,” kata dia.

Melihat besarnya antusias pelajar, Samsi menyusulkan menambah koleksi perpustakaan dengan target 300 ribu buku. "Koleksi di perpustakaan sekarang ini masih kecil, jadi memang perlu ada penambahan, baik buku maupun judul, " kata dia.

Ia berpendapat bahwa sistem pembelajaran "outbound" merupakan bentuk proses belajar yang efektif karena pelajar dapat memperkuat ilmu yang didapat di sekolah dengan bacaan yang ada di perpustakaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews