BP Batam Bersiap Jadi Hub Logistik

BP Batam Bersiap Jadi Hub Logistik

Menteri Perdagangan saat menyambangi stand pameran BP Batam (Foto: Istimewa/Humas BP Batam)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - BP Batam akan mempromosikan Batam untuk menjadi pusat industri hub logistik di Asia Tenggara. Saat ini BP Batam tengah mengembangkan infrastruktur dan fasilitas.

"Karena Letak Batam yang strategis di kawasan asia yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia menjadikan BP Batam untuk dapat memanfaatkan potensi tersebut guna menjadi bagian dari salah satu pusat Logistik Hub (industri logistik),” ujar Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Marketing BP Batam saat hadir dalam penyelenggaraan CeMAT (Central Material Handling and Automotion) Southeast ASIA 2017 di International Convention Expo BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (2/2/2017).

Andi mengatakan keikutsertaan BP Batam dalam pameran kali ini sebagai bentuk promosi Batam menjadi bagian dari salah satu kawasan untuk pengembangan industri logistik dan alih kapal (transhipment). 

Ia menjelaskan bahwa penyelenggaraan tersebut dinilai sangat potensial untuk memberikan dan memperoleh wawasan bagaimana pengembangan logistik yang modern dan terintegrasi dalam suatu kawasan.

“Berpatisipasi di pameran Cemat untuk mempromosikan Batam dengan harapan Batam sebagai salah satu hub logistik juga untuk transhipment dihadapan pengunjung internasional dari berbagai negara," kata Andi. 

BP Batam terus melakukan akselerasi terhadap infrastruktur-infrastruktur utama seperti Pelabuhan Batu Ampar dan Bandara Hang Nadim. 

"Batam bagus, ya nanti kita lihat, kita kompetisikan daerah-daerah ini supaya mereka punya kompetensi, punya sarana-sarana yang baik," ungkap Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Kamis (2/3/2017) saat hadir di International Convention Expo BSD City, Jakarta.

Indonesia yang merupakan salah satu logitic hub terpenting didunia sekaligus merupakan pusat pertumbuhan ekonomi  di Asia Tenggara menjadi pusat digelarnya Pameran CeMAT (Central Material Handling and Automotion) Southeast ASIA 2017. 

Pameran bertajuk "Menjadikan Indonesia Logistic Hub Asia" diselenggarakan oleh Perusahaan asal Jerman, Deutsche Messe. Deutsche Messe  selaku penyelenggara  saat ini melakukan ekspansi ke kawasan Asia Tenggara dan memilih Indonesia sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pameran. Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan CeMAT - serial pameran intralogistik terbesar dunia di Hannover, Jerman; Shanghai, China; Moscow, Russia; Mumbai, India dan Melbourne, Australia.

Kegiatan tersebut berlangsung di IECE, Serpong, Tangerang pada 2-4 Maret 2017 dengan menampilkan berbagai produk yang berkaitan dengan jasa logistik. Mulai dari truk industri, sistem logistik lengkap, rack sert sistem pergudangan, crane serta lifting equipment, access platform, auto ID system, solusi logistik menggunakan robot, freight forwarding, hingga jasa CEP.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews